Unduh Aplikasi

Tak Sesuai Prosedur, Rekap Suara di Kecamatan Mutiara Timur Dihentikan

Tak Sesuai Prosedur, Rekap Suara di Kecamatan Mutiara Timur Dihentikan
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Tahapan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kecamatan Mutiara Timur terpaksa terhenti sementara karena dianggap tidak sesuai prosedur PKPU nomor 4 tahun 2019.

Ketua Panwaslih Pidie Junaidi, yang dikonfirmasi AJNN melaui selularnya Minggu (21/4) membenarkan penghentian sementara rekapitulasi suara di kecamatan tersebut sekitar pukul 16.00 WIB, saat sedang merekapitulasi suara TPS Gampong Jojo.

Rekapitulasi yang dilakukan tidak melalui proses tahapan yang berpedoman pada formulir C-1 berhologram, langsung merekapitulasi suara pada formulir DAA 1.

"Artinya saat rekapitulasi suara di Kecamatan Mutiara Timur,  tidak melihat formulir C-1 berhologram tapi langsung ke DAA-1. Jadi ada tahapan yang terlawati," ujarnya.

Junaidi menuturkan, rekapitulasi di Kecamatan Mutiara Timur akan dilanjutkan kembali besok, Senin (22/4) sesuai tahapan. Rekomendasi Panwaslih Pidie proses rekapitulasi suara harus dilakukan sesuai prosedur berdasarkan PKPU. 

Panwaslih Pidie, lanjut Junaidi, akan terus melakukan pemantauan ke semua kecamatan yang melaksanakan rekapitulasi suara secara serentak pada hari ini.

Berdasarkan hasil pamantauan yang dilakukan kemungkinan proses rekapitulasi suara dalam jangka waktu lima hari yang berikan oleh KIP tidak akan selesai.

"Hari ini kami melihat ada kecamatan yang merekapitulasi suara satu desa hingga sore hari," ujarnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan KIP setempat untuk mempertimbangkan kembali soal waktunya.

Komentar

Loading...