Unduh Aplikasi

Tak Lulus Ngaji, Caleg Petahana DPRA dari PAN Gagal Nyaleg

Tak Lulus Ngaji, Caleg Petahana DPRA dari PAN Gagal Nyaleg
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menolak sepenuhnya permohonan gugatan sengketa Pemilu 2019 yang diajukan DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Aceh. Pengajuan gugatan Pemilu oleh PAN Aceh tersebut berkaitan dengan Keputusan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh tentang hasil tes uji mampu baca Alquran.

Pasalnya salah satu Bacaleg PAN dari Dapil 8 (Aceh Tenggara dan Gayo Lues) Bukhari Selian dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sehingga yang bersangkutan dinyatakan gagal menjadi caleg DPR Aceh pada Pemilu 2019 mendatang. Padahal diketahui Bukhari Selian merupakan anggota DPRA.

Ketua Majelis Sidang Panwaslih Aceh, Zuraida Alwi menyebutkan, putusan Panwaslih Aceh menolak permohonan setelah memperhatikan beberapa pertimbangan serta melihat beberapa bukti dari tes uji mampu baca Alquran yang dijalani Bukhari Selian.

"Menolak seluruhnya permohonan yang diajukan pemohon," kata Zuraida Alwi dalam bacaan sidang putusan di kantor Panwaslih Aceh, Jumat (31/8) malam.

Dalam isi gugatan yang dibacakan majelis terkait keterangan saksi-saksi, saat menjalani tes baca Alquran, Bukhari Selian dalam keadaan kelelahan fisik sehingga karena baru menempuh perjalanan darat dari Aceh Tenggara ke Banda Aceh. Sehingga pada waktu uji baca Alquran suaranya tidak terlalu besar.

Usai mengikuti sidang putusan Panwaslih Aceh, Bukhari Selian mengaku saat itu dirinya memang sedang kelelahan akibat perjalanan jauh. Dan ia juga membantah tidak mampu baca Alquran.

"Kalau saya tidak bisa baca Alquran, bagaimana saya bisa mencari halaman dan ayat yang disuruh," ungkap Bukhari.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...