Unduh Aplikasi

Tak Bersengketa di Panwaslih, Caleg Mantan Napi Tetap Tidak Masuk DCT

Tak Bersengketa di Panwaslih, Caleg Mantan Napi Tetap Tidak Masuk DCT
ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Komisioner KIP Aceh Munawar Syah mengatakan bagi Calon Legislatif (Caleg) baik DPRK, DPRA, DPR RI maupun DPD RI yang berstatus mantan narapidana korupsi, narkoba dan eks narapidana kejahatan seksual pada anak tetap tidak bisa masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

Hal itu apabila Caleg yang bersangkutan sebelumnya tidak pernah mengajukan sengketa ke Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan sengketanya dikabulkan.

Munawar menjelaskan, paska keluarnya putusan Mahmkamah Agung itu, KPU menidaklanjutinya dengan mengeluarkan surat edaran tentang pencalonan legislatif berstatus mantan napi korupsi, dimana dalam surat tersebut disampaikan bahwa mereka baru bisa dimasukkan dalam DCT apabila pernah mengajukan sengketa ke Panwaslih.

"Jadi mereka yang tidak pernah mengajukan sengketa ke Panwaslih itu sudah diajukan pengganti oleh partainya, jadi tidak bisa masuk lagi dalam DCT," kata Munawar Syah saat ditemui di kantor KIP Aceh, Kamis (20/9).

"Ketentuan surat ederan KPU itu berlaku untuk caleg yang mengajukan sengketa ke Panwaslih dan dikabulkan sengketa itu oleh Panwaslih," tegasnya lagi.

Namun, kata Munawar, mereka juga tidak bisa dimasukkan serta merta dalam DCT, melainkan harus melengkapi empat syarat lainnya terlebih dahulu.

Adapun empat syarat yang harus dipenuhi itu yakni surat keterangan dari lapas bahwa sudah pernah menjalani hukuman, salinan keputusan pengadilan, surat keterangan dari pimpinan media bahwa sudah menyatakan di media berupa pengakuan pernah berstatus sebagai mantan napi, kemudian melampirkan buktinya.

"Empat hal itu harus disampaikan kepada KIP, termasuk Abdullah Puteh yang mencalonkan diri sebagai DPD juga dimintai syarat seperti itu," tutur Munawar.

Munawar menyampaikan, nantinya ke empat syarat disampaikan paling lama tiga hari setelah perubahan PKPU nomor 14 dan PKPU 20, baru kemudian diberikan kesempatan caleg itu untuk melengkapi.

Di Aceh sendiri, tambah Munawar, Caleg yang melakukan sengketa di Panwaslih untuk DPD RI hanya Abdullah Puteh, DPRA tidak ada yang melakukan gugatan, namun untuk DPRK KIP Aceh belum mendapatkan data pastinya hingga saat ini.

Komentar

Loading...