Unduh Aplikasi

Syarat Ketum Partai Aceh, Pertama Dibuktikan dengan KTA

Syarat Ketum Partai Aceh, Pertama Dibuktikan dengan KTA
Foto: Net

BANDA ACEH - Ketua Panitia Musyawarah Besar (Mubes) ke II Partai Aceh, Tgk Muharuddin menyampaikan syarat pertama bagi calon ketua umum harus dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) bahwa yang bersangkutan memang kader Partai Aceh.

"Menurut saya, syarat pertama itu harus dibuktikan bahwa calon memang kader Partai Aceh dengan dibuktikan KTA itu," kata Muharuddin kepada wartawan usai pembukaan Mubes ke II, Senin (12/2) malam.

Menurut Muharuddin, apabila calon tersebut tak memiliki KTA, maka kemungkinan tidak bisa ikut nantinya. Namun semuanya bisa saja berubah karena kembali dalam hasil rapat pleno Mubes.

"Sejauh tidak memiliki kartu berarti tentu tidak bisa gitu kan, itu syarat-syarat pertama," ujarnya.

Pendaftaran, kata Muharuddin merupakan tahapan awal, kelanjutan terkait syarat atau kriteria akan dibahas dalam tata tertib, artinya ketentuan legal setelah rapat pleno dilaksanakan.

Baca: Mualem Siap Dukung Siapa yang Menang

"Apakah syarat dan kriteria dalam tartib kita anggap pendaftaran awal, legalnya setelah rapat pleno," jelasnya.

Dalam tata tertib tersebut nantinya, lanjut Muharuddin, juga akan menentukan apakah proses pemilihan dilakukan secara demokrasi atau bagaimana itu tergantung keputusan dari pleno, yang kemudian dibuat tartib baru, dan kepastian kriteria calon yang akan maju juga diatur melalui tartib tersebut.

"Resmi disana, jika memang secara demokrasi akan dibuat formnya. Tapi kepastian kriteria disepakati nanti dalam Mubes," tutur Muharuddin.

Sejauh ini, Muharuddin belum bisa memastikan apakah semua calon yang sudah mendaftar tersebut sudah memenuhi syarat dan kriteria pimpinan atau belum.

"Keputusannya besok dalam rapat pleno Mubes," imbuhnya.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada tujuh kandidat yang sudah mendaftar sebagai calon ketua umum DPA PA periode 2018-2023 yaitu Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem, Roni Ahmad atau Abusyik, Kamaruddin Abu Bakar, Maryati, Yussaini Mansur, Azhar Abdurrahman dan juga mantan Bupati Pidie, Sarjani Abdullah.

Ucapan Ramadhan - Alja Yusnadi

Komentar

Loading...