Unduh Aplikasi

Sudarman Syarif Bakal Gantikan Nazir Ali di KIP Aceh Selatan

Sudarman Syarif Bakal Gantikan Nazir Ali di KIP Aceh Selatan
Nazir Ali. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan mengusulkan Sudarman Syarif, sebagai calon Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan menggantikan HM. Nazir Ali.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam surat balasan DPRK Aceh Selatan yang ditujukan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dengan nomor 170/19/2019 tanggal 14 Juni 2019.

Baca: Nazir Ali Resmi Diberhentikan dari Komisioner KIP Aceh Selatan

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyurati DPRK Aceh Selatan, terkait pergantian antar waktu anggota KIP Aceh Selatan pada 28 Mei 2019 lalu, dengan nomor surat 882/PP.06-SD/05/KPU/V/2019.

Pergantian ini dilakukan setelah HM Nazir Ali, secara resmi diberhentikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dari anggota KIP Aceh Selatan masa jabatan 2019-2024, karena terbukti terlibat dalam kepengurusan partai politik.

Pengusulan nama Sudarman Syarif tersebut, karena yang bersangkutan merupakan peserta yang lulus cadangan nomor 1, hasil seleksi calon anggota KIP Aceh Selatan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Baca: Nazir Ali Diberhentikan Karena Terbukti Pernah Jadi Tim Sukses AZAM

Diberitakan media ini sebelumnya, DKPP RI memberhentikan salah seorang komisioner KIP Aceh Selatan, HM Nazir Ali, karena terbukti terlibat dalam partai politik.

Sidang putusan tersebut berlangsung di Kantor Bawaslu RI, Kamis (16/5) lalu. Dalam putusan yang dibacakan dalam sidang itu, DKPP mengabulkan semua pengaduan para pengadu dan menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Nazir Ali dari Komisioner KIP Aceh Selatan.

Kemudian, DKPP juga memerintahkan KPU untuk melaksanakan putusan tersebut paling lambat tujuh hari setelah putusan dibacakan. Selanjutnya, memerintahkan Bawaslu RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini.

Menanggapi sidang DKPP tersebut, KPU RI telah mengeluarkan petikan keputusan terkait pemberhentian tetap atas nama Nazir Ali dari Anggota KIP Kabupaten Aceh Selatan. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam surat bernomor 985/PP.06-KPt/05/KPU/V/2019, tanggal 20 Mei 2019.

Salah satu isi dalam petikan keputusan tersebut menyebutkan bahwa sejak keluarnya keputusan pemberhentian tersebut, maka Keputusan KPU nomor 406/PP.06-KPt/05/KPU/II/2019 tentang Pengangkatan Anggota KIP Aceh Selatan periode 2019-2024, sepanjang terkait dengan penetapan atas nama Nazir Ali dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Komentar

Loading...