Unduh Aplikasi

Sudah Pernah Diperbaiki, Bangunan Irigasi Mbang Kembali Ambruk

Sudah Pernah Diperbaiki, Bangunan Irigasi Mbang Kembali Ambruk
Kondisi bangunan irigasi Mbang. Foto: Ist

ACEH UTARA – Jaringan irigasi yang dibangun menggunakan APBK Aceh Utara tahun 2017 dan APBA 2018 dengan jumlah anggaran mencapai Rp3 miliar dikabarkan kembali ambruk. Padahal, sebelumnya irigasi tersebut sudah pernah diperbaiki karena mengalami hal serupa pada tahun 2018.

“Iya benar, irigasi tersebut memang kembali rusak. Tahun 2018 lalu juga pernah mengalami hal yang sama namun sudah pernah diperbaiki, sekarang rusak lagi,” kata Keuchik Gampong Dayah Sepeng, Marzuki Aji, yang mengaku dampak kerusakan irigasi tersebut berimbas kepada masyarakat.

Kata dia, saat proses perbaikan kemarin, masyarakat rela tidak turun ke sawah selama empat bulan dengan harapan irigasi tersebut layak digunakan. Namun, kejadiannya malah sebaliknya, irigasi yang seharusnya itu bermanfaat untuk masyarakat banyak, malah menyebabkan mereka rugi. dan sat ini proes pengaliran air ke sawah juga kembali terganggu.

“Kita empat bulan tidak turun ke sawah dengan harapan irigasi itu bagus, akan tetapi pembuatan irigasi itu malah diduga tidak sesuai prosedur dan terkesan asal jadi,” jelasnya.

Dalam hal ini Keuchik Marzuki berharap, intansi atau dinas terkait supaya memperbaiki kembali irigasi tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jangan sampai irigasi itu dibangun malah merugikan masyarakat sekitar.

“Kami masyarakat dalam dua hari ini bergotong royong memperbaiki dan menyusun batu-batu seadanya, supaya irigasi itu bisa kembali normal. Namun, jika hujan nanti malam, irigasi itu ditakutkan akan kembali hancur, karena setiap air sungai deras bangunan tersebut pasti rusak,” jelasnya.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...