Insentif PKB - BPKA 2019
Unduh Aplikasi

Stasiun Karantina Aceh Musnahkan Ikan Aligator dan Cupang

Stasiun Karantina Aceh Musnahkan Ikan Aligator dan Cupang
Petugas SKIPM Aceh memperlihatkan ikan aligator atau ikan buaya. Foto: Tommy.

ACEH BESAR - Dua ikan Aligator dan Cupang dimusnahkan oleh petugas Stadium Karantina Ikan Pengendalian Mutu (SKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Aceh karena dianggap berbahaya dan mengandung virus yang mematikan.

Dua ikan aligator yang biasa disebut ikan buaya dan 12 ikan cupang atau ikan laga itu dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Kantor SKIPM Aceh, di kawasan Blang Bintang Aceh Besar, Kamis (14/3).

Kasi Pengawas Data dan Informasi SKIPM Aceh, Silvia Wijaya menyebutkan ikan aligator yang dimusnahkan merupakan penyerahan dari pecinta ikan yang ada di Banda Aceh. Sementara ikan laga diamankan di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) melalui jasa pengiriman barang dari Belawan, Sumatera Utara.

"Ikan laga kami amankan karena tidak memiliki izin karantina. Ikan ini juga mengandung virus mematikan jika tertular dengan ikan lainnya," ujarnya.

Ia juga menyebutkan ikan buaya memang menjadi habitat yang dilarang untuk dirawat dan dilepasliarkan karena berdampak buruk bagi ekosistem lainnya.

"Jika dilepas liarkan akan memangsa semua ikan-ikan lainnya dalam waktu singkat, ikan aligator ini berasal dari Amerika latin," ungkapnya.

Khanduri Laot

Komentar

Loading...