Unduh Aplikasi

Soal APK, KIP Pidie Jaya Diminta Tak Kangkangi Aturan

Soal APK, KIP Pidie Jaya Diminta Tak Kangkangi Aturan
Pengendara melintas di salah satu Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di pagar sekolah di Pidie Jaya, Senin (31/12/2018).Photo: Muksal Mina

PIDIE JAYA - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pidie Jaya, meminta Komisi Independen Pemilihan kabupaten itu agar konsisten terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Permintaan disampaikan Koordinator Divisi Hukum, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa, Muzakkir, karena pemasangan APK yang difasilitasi KIP dinilai melanggar PKPU Nomor 23 tahun 2018. Selain tempat ibadah pemasangan APK yang difasilitasi KIP terlihat dilakukan di sejumlah tempat yang tidak dibenarkan.

“KIP harus konsisten dengan aturan KPU terkait pemasangan APK yang difasilitasinya. Ketika dipasang tidak sesuai dengan PKPU, artinya KIP telah mengangkangi PKPU,” kata Muzakkir, Senin (31/12/2019).

Menurut Muzakir sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018, Pasal 34 APK tidak dibenarkan dipasang di tempat-tempat, pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan. Namun hampir disetiap surau (meunasah) di Kabupaten itu kini terpasang APK milik KIP Pidie Jaya.

"Jika APK yang dipasang KIP merupakan bentuk sosialisasi, materinya tidak boleh memuat lambang, logo, serta nomor urut partai politik peserta pemilu. Tapi yang namanya APK, otomatis punya peserta Pemilu, dan sesuai dengan PKPU, itu dilarang dipasang ditempat terlarang, baik yang difasilitasi parpol maupun KIP,” tegasnya Marzuki.

Sementara itu, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya, Iskandar menyebutkan pemasangan APK di pagar-pagar meunasah merupakan bentuk sosialisasi agar pemilih mengenal partai peserta pemilu 2019 mendatang.

“Nanti kita cek dulu, kalau memang ada pemasangan di tempat terlarang akan kita turunkan," imbuh Iskandar.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...