Unduh Aplikasi

Singgah di Sabang, Kapal Pesiar MS Europa Bawa Wisatawan dari 15 Negara

Singgah di Sabang, Kapal Pesiar MS Europa Bawa Wisatawan dari 15 Negara
Kadisbudpar Aceh Jamaluddin (kemeja putih kiri) saat menyambut Nahkoda Kapal Pesiar MS Europa Mr Hatmann Olaf Otto di pelabuhan CT3 Sabang

BANDA ACEH - Kapal pesiar MS Europa singgah di Kota Sabang dalam rangka kunjungan wisata selama sepuluh jam, pesiar itu berlabuh di dermaga CT-3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Minggu (14/4).

Kapal Pesiar MS Europa yang dinahkodai oleh Mr Hatmann Olaf Otto itu membawa Crew sebanyak 260 orang dan 332 wisatawan asing dari 15 negara. Mereka baru bertolak dari Ko Adang, Thailand.

Kedatangan kapal pesiar berbendera Bahamas beserta ratusan wisatawan itu disambut langsung oleh Plt Kepala BPKS Sabang Razuardi, dan didampingi Kepala Unit Manajemen Pelabuhan Zulkarnaini Abdullah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin serta Dinas Pariwisata Kota Sabang dan Forkopimda Kota Sabang.

Penyambutan wisatawan itu dilakukan dengan pengalungan bunga dari Razuardi kepada Kapten Mr Hatmann Olaf Otto, kemudian juga ada pertukaran cenderamata sambil diiringi tarian tradisional Aceh.

Turun dari kapal, para wisatawan langsung mengunjungi Bazar Wisata Cruise dari Kadispar Aceh di sekitar pelabuhan, lalu batu menyusuri Kota Sabang menggunakan jasa organda taxi becak roda tiga dan ada juga petugas tour Guide. Mereka berkunjung ke sejumlah destinasi wisata bahari dan heritage.

"Badan Pengusahaan Kawasan Sabang dan Pemerintah Kota Sabang terus melakukan promosi potensi wisata bahari kepada wisatawan mancanegara guna meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Razuardi dalam keterangannya.

Para penumpang kapal pesiar yang turun dari kapal juga menyempat diri berkunjung ke berbagai objek wisata laut pantai Iboih dan Sumur Tiga yang menghadap ke Samudera Hindia dan Selat Malaka dan wisata heritage, seperti Benteng-Benteng Jepang.

Untuk diketahui, sejak Januari hingga April 2019, sebanyak lima kapal pesiar sudah bersandar di Sabang, Aceh. Kapal itu adalah MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner, MS Silver Discoverer, MS Albatros dan MS. Europa.

"MS Europa selanjutnya akan melanjutkan mengarungi Samudera Hindia dan Selat Malaka sampai ke tujuan di Colombo, Sri Lanka," ujarnya.

Setelah MS Europa, menurut Razuardi sesuai konfirmasi kepala Manajemen Unit Pelabuhan, akan ada kapal pesiar lain yang bakal bersandar di Sabang hingga akhir 2019 nanti. Kapal pesiar itu antara lain, MS Azamara Quest, MS Seabourn Encore, MS Boudicca, Marella Discovery, dan MS Seabourn Ovation.

BPKS mencatat kunjungan kapal pasiar dari mancanegara ke Sabang akan terus bertambah seiring semakin gencarnya promosi yang dilakukan oleh BPKS, Dinas Pariwisata Aceh, Dinas Pariwisata Sabang serta Kementerian Pariwisata serta pihak-pihak swasta khumenyinggahi bergerak di bidang travel.

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...