Unduh Aplikasi

Simsalabim, Anggota Tim Sukses Irwandi-Nova Jadi Anggota KIP Aceh

Simsalabim, Anggota Tim Sukses Irwandi-Nova Jadi Anggota KIP Aceh

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sebagai penyelenggara pemilu, harus benar-benar mampu mewujudkan tahapan penyelenggaraan pemilu yang adil dan bersikap independen serta profesional. Seluruh keputusan yang diambil oleh penyelenggara pemilu dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan hasil pemilu itu sendiri.

“Seharusnya, anggota tim haruslah orang-orang yang bersih dan, sesuai aturan, tidak terlibat dan berafiliasi pada partai politik tertentu. Apalagi menjadi tim sukses,” kata sumber AJNN, Ahad (6/5).

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) baru saja menetapkan tujuh calon anggota KIP Aceh periode 2018-2023 pada Kamis (3/5) lalu. Penetapan ini didasari hasil fit and proper test yang telah dilakukan sebelumnya.

Berdasarkan Berita Acara Nomor: 050/BA/KOM-1/DPRA /2018, nama-nama calon anggota KIP Aceh yang dinyatakan lulus tersebut yakni Munawarsyah, Tharmizi, Ranisah, Muhammad, Syamsul Bahri, Agusni, dan Akmal Abzal.

Namun, melalui group pesan singkat WhatsApp, beredar nama-nama tim kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih saat ini. Nama Akmal Abzal salah seorang calon anggota KIP Aceh terpilih, terlihat dalam urutan nomor 256 salinan surat tertanggal 19 September 2016 tersebut.

Lampiran daftar nama anggota tim sukses pasangan di Pilkada Aceh 2017. Foto: istimewa

Syahdan, sempat mencuat kasus salah satu kepala dusun yang merangkap sebagai anggota Panwaslih Aceh Besar. Kasus ini dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena yang bersangkutan mendukung salah satu kandidat pada Pemilihan Kepala Daerah Banda Aceh 2017. Setelah dilaporkan, yang bersangkutan akhirnya dipecat dari keanggotaan di Panwaslih.

"Seharusnya, saat mendaftar, seluruh kandidat mengisi surat keterangan yang memastikan mereka tidak terlibat dalam partai politik selama lima tahun terakhir," kata sumber tersebut. "Tidak mungkin pemilu dijalankan oleh peserta pemilu itu sendiri."

Radio Baiturrahman

Komentar

Loading...