Setahun Berlalu, Rumah Korban Gempa Pijay Tak Kunjung Dibangun

Setahun Berlalu, Rumah Korban Gempa Pijay Tak Kunjung Dibangun
Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi saat memberi pernyataan kepada sejumlah wartawan terkait rehab rekon setahun pasca gempa, Kamis 7 Desember 2017

PIDIE JAYA - Rehab rekon rumah korban gempa Pidie Jaya hingga kini belum juga dimulai meski musibah yang meluluhlantakkan kabupaten setempat sudah setahun berlalu.

Dihimpun AJNN, hingga saat ini korban lindu 7 Desember 2017 lalu masih menempati hunian sementara. Bahkan beberapa kepala keluarga yang rumahnya hancur akibat gempa terpaksa menempati gubuk yang dibangun sendiri karena tak mendapat huntara dari pemerintah setempat.

"Kapan mulai dibangun rumah permanen yang telah dijanjikan Pemerintah Pidie Jaya. Apakah kami harus tinggal di gubuk ini selalu, huntara tidak dikasih, pembangunan juga tidak segera dilaksanakan, padahal hari ini genap setahun pasca gempa di Pidie Jaya," kata seorang warga Kecamatan Bandar Baru kepada AJNN, Kamis (7/12) seraya meminta namanya tidak dipublis. Dia mengaku dirinya korban gempa yang tidak mendapatkan huntara.

Sementara itu, Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi menegaskan pembangunan rumah korban gempa akan dimulai awal Januari 2018 mendatang.

Said Mulyadi menyebutkan saat ini pembangunan pemukiman atau rehab rekon rumah warga yang rusak akibat gempa akhir tahun lalu itu sedang dilakukan pembetulan data (validasi) oleh konsultan manajemen yang menagani rehab pemukiman.

Menurut Said Mulyadi, mandeknya rehab pemukiman karena masih dilakukan validasi agar pembangunan rumah korban gempa tepat sasaran dan tidak terjadi cekcok di kalangan masyarakat nantinya.

Bekas Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie itu berharap kepada masyarakat Pidie Jaya, khususnya kepada korban gempa sudikiranya untuk bersabar serta mendukung penuh proses yang sedang berjalan.

"Pemerintah Pidie Jaya juga tidak tinggal diam melihat derita rakyatnya. Insyaallah Juni 2018 pembangunan rumah korban gempa siap dibangun," sebut Said Mulyadi.

data-ad-format="auto">

Komentar

Loading...