Unduh Aplikasi

Selingkuh, PNS di Abdya Disanksi Pencopotan Jabatan Hingga Penurunan Pangkat

Selingkuh, PNS di Abdya Disanksi Pencopotan Jabatan Hingga Penurunan Pangkat
Kepala BKPSDM Abdya Cut Hasnah Nur, Foto: Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Pertengahan April 2019 lalu, masyarakat Aceh Barat Daya (Abdya) dihebohkan dengan isu perselingkuhan yang diduga dilakukan RZ (38) dan ID (37). Keduanya merupakan pegawai negeri sipil (PNS) yang berkerja di lingkungan Pemkab Abdya.

Saat itu, ID yang merupakan PNS di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, dipergoki suami saat sedang asik berduaan di dalam mobil bersama RZ, di lokasi parkir Setdakab setempat, pada Kamis (11/4) lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya, Cut Hasnah Nur mengatakan kedua PNS tersebut telah diperiksa Tim Penegakan Disiplin dan Pelaksanaan Kode Etik PNS.

Tim tersebut diketuai Sekda Abdya, dengan anggota Asisten I, Asisten II, Asisten III, BKPSDM, Inspektorat, serta Kabag Hukum dan Kabag Organisasi pada Setdakap Abdya. Selain itu, pimpinan serta pasangan yang bersangkutan juga turut dipanggil untuk dimintai keterangan.

"Dalam pemeriksaan tersebut disimpulkan bahwa kedua belah pihak telah melanggar disiplin tingkat berat," ungkap Cut Hasnah Nur kepada AJNN, Jumat (10/5).

Didampingi Rahmad Sumedi selaku Kabid Pengembangan dan SDM pada BKPSDM Abdya, Cut Hasnah Nur menjelaskan, sebagai PNS keduanya telah melanggar PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS serta PP 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS.

Akibat pelanggaran yang dilakukan, kedua abdi negara itu dikenakan hukuman disiplin berat. Berdasarkan pelanggaran yang dilakukan, RZ dibebaskan dari jabatan setingkat eselon IV di Bagian Pembangunan Setdakab Abdya, menjadi staf biasa pada Setkretariat Kecamatan (Setcam) Lembah Sabil.

"Jadi, yang perempuan (ID) kami turunkan pangkat 1 tingkat lebih rendah, dari pangkat III/a diturunkan menjadi II/d. Dia juga sudah dipindahkan ke Setcam Setia," ujarnya,

Lebih lanjut, kata Cut Hasnah, keduanya PNS yang melanggar itu juga mendapatkan sanksi penundaan kenaikan pangkat selama tiga tahun. Selain itu, keduanya tidak diperbolehkan menduduki jabatan tertentu dalam masa tiga tahun tersebut.

"Dengan kejadian ini, kami harapkan dapat menjadi pelajaran bagi yang lain serta efek jera agar kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...