Unduh Aplikasi

Selama Sepekan Karhutla di Woyla Barat Capai 100 Hektar

Selama Sepekan Karhutla di Woyla Barat Capai 100 Hektar
Foto: Ist

ACEH BARAT - Kebakaran hutan dan lahan di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat yang terjadi selama sepekan terakhir diperkirakan capai 100 hektar.

Semakin meluasnya kebakaran lahan di daerah itu disebabkan oleh cuaca terik, serta lahan yang terbakar merupakan kawasan lahan gambut, sehingga sangat mudah terbakar.

Pelaksana Tugas UPTD Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah IV Aceh, M Daud, mengatakan wilayah kebakaran hutan tersebut terpantau beberapa titik api dengan luas area seluas 1,5 kilo meter persegi.

"Kita perkirakan kebakaran seluas seratus hektar, di area seluas 1,5 kilo meter persegi, dan terdapat beberapa titik api. jumlahnya meluas dari sebelumnya," kata M.Daud, kepada AJNN, Kamis, (11/7).

Saat ini, kata Daud, yang juga Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Aceh ini pihaknya telah menurunkan sua regu pengendalian kebakaran hutan dan lahan dan brigade sebanyak 22 personil pengendalian karhutla guna melakukan pemadaman api di kawasan lahan yang terbakar.

Selain 12 personil, DLHK Provinsi Aceh kata dia juga menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran. Namun, kata dia, saat ini terjadi kendala dalam upaya pemadaman lantaran sulitnya mendapatkan sumber air serta minimnya sarana yang dimiliki oleh dinas tersebut.

Dikatakannya, lokasi pemadaman yang dilakukan oleh timnya tersebut terpisah dari lokasi pemadaman yang dilakukan oleh petugas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat.

"Dalam upaya pemadaman ini kita dari tim Darkarhutla hanya meminimalisir pemadaman api, untuk pemadaman belum bisa dilakukan karena area kebakaran cukup luas," ucap Daud.

Daud menyebutkan upaya mencegah meluasnya kebakaran yang dilakukan pihaknya merupakan lebih kepada upaya preventif atau pencegahan sementara untuk pemadaman menyeluruh dilakukan oleh BPBA, BPBD dan BKSDA sesuai dengan kesepakatakan.

"Namun saat ini delapan puluh persen api telah padam, lantaran hujan tadi malam," imbuhnya.

Komentar

Loading...