Unduh Aplikasi

Sektor Pariwisata Dapat Membangkitkan Perekonomian

Sektor Pariwisata Dapat Membangkitkan Perekonomian
Pelatihan pemandu wisata alam Arung Jeram. Foto: Ist

PIDIE - Pemerintah Kabupaten Pidie terus berbenah di sektor pembangunan pariwisata untuk menambah minat wisata dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Potensi parwisata adalah tambang yang meskipun terus diekplorasi tetapi nilai ekonomisnya tidak akan habis tergerus bahkan menjadi bertambah," kata Bupati Pidie Roni Ahmad (Abusyik) saat membuka kegiatan pelatihan pemandu wisata alam Arung Jeram di Gampong Mane, Dusun Pante Luah, Kecamatan Mane, Pidie, Senin (29/7).

Menurutnya, kegiatan pelatihan pemandu wisata alam Arung Jeram yang dilaksanakan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) setempat dengan menggandengkan Federasi Arung Jeram Indonesia( FAJI) sangat bagus untuk membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya pemuda setempat.

"Dengan diberikan pelatihan begini, para pemuda setempat menjadi paham tatacara memandu wisata dan tentunya dengan wisata islami. Saya memberikan dukungan penuh atas bangkitnya wisata alam di daerah ini," kata Roni Ahmad.

Semantara Kepala Dinas Disparbudpora Pidie, Apriadi mengatakan, kegiatan pelatihan pemandu wisata alam arung jeram dilaksanakan selama tiga hari mulai 29 hingga 31 Juli 2019 nanti.

Para peserta, lanjut Apriadi, akan dibekali untuk memahami cara memandu Arung Jeram dan menjadi pemadu profesional

“Mereka nanti akan diberi sertifikat sebagai bukti telah mengikuti bimbingan teknis kepemanduan Arung Jeram yang nantinya akan menjadi syarat utama untuk mengikuti sertifikasi tingkat lanjut atau expert," kata Apriadi.

Adapun pemateri yang memberikan pelatihan yaitu Pengurus Besar (PB) Federasi Arung Jeram Indonesia( FAJI) Pusat, Jhon Lede, Roni, dan Putra. Selain itu, tiga pemateri lainnya dari FAJI Aceh: Hasballah, Syahrul Rizal, dan Kiki Ferdian.

Pengurus Federasi Arung Jeram Pusat pada Bidang Bina Prestasi, John Lede, mengatakan, pelatihan pemandu arung jeram baru maksimal dilaksanakan selama tiga bulan.

“Namun, tahap awal yang dilaksanakan di Krueng Mane selama tiga hari itu hanya dasarnya saja. Nanti ada lanjutannya lagi. Untuk menjadi pemandu wisata alam profesional dibutuhkan latihan yang rutin. Nanti pemandu tersebut akan direkomendasi oleh tim asesor untuk diusulkan ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” kata dia.

Menurutnya, Aceh masuk sebagai daerah yang memiliki potensi wisata alam yang bagus. Kemudian, wisata Arung Jeram bisa membuka peluang kerja baru bagi masyarakat sekitar dan berpengaruh terhadap perekonomian warga setempat.

"Dengan adanya wisata Arung Jeram, nanti para pemuda setempat akan menjadi atlet Arung Jeram, karena mereka sudah terlatih selama memandu," kata John Lede.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...