Unduh Aplikasi

Sejumlah Selokan di Banda Aceh Dipenuhi Sampah

Sejumlah Selokan di Banda Aceh Dipenuhi Sampah
Sampah di selokan di jalan Syiah Kuala, Lamdingin, Banda Aceh. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Selokan merupakan saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan dibawa ke suatu tempat agar tidak menimbulkan masalah bagi lingkungan atau kesehatan. Fasilitas selokan yang berada di tengah-tengah pemukiman warga harus tetap terjaga kondisinya agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Kesadaran masyarakat untuk membuah sampah pada tempatnya ternyata masih minim dijumpai di Kota Banda Aceh. Hal tersebut dapat dilihat di selokan-selokan yang ada di seputaran ibu kota Provinsi Aceh itu. Bahkan sampah yang terdiri dari sampah organik maupun non-organik itu mengeluarkan bau yang tak sedap dan menganggu masyarakat sekitar selokan.

Sampah selokan di Lampuloe, dekat pintu gerbang masuk PPS. Foto: Rahmat Fajri 

Pantauan AJNN, Kamis (25/10), sejumlah selokan masih terlihat dipenuhi sampah, seperti di jalan Syiah Kuala, Lamdingin, kemudian di Lampulo dan di jalan T Hamzah Bendahara, Gampong Kuta Alam Banda Aceh. Tak hanya disitu, sampah plastik juga bertumpuk di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh T Samsuar mengaku setiap hari anggotanya selalu membersihkan sampah yang ada di selokan. Tapi ia mengaku sampah-sampah yang masih ada di selokan meru[akan sampah sisa-sisa sebelumnya.

Sampah di selokan, tepanya di Jalan T Hamzah Bendahara, Gampong Kuta Alam, Banda Aceh. Foto: Rahmat Fajri

"Kalau got (selokan) tiap hari kami bersihkan, kadang ya ada sisa sampah yang belum," kata T Samsuar saat dikonfirmasi AJNN.

Kata Samsuar, laporan yang masuk di call center dinas sejauh ini hanya berita bulan Agustus, bukan bulan Oktober. Dan jika memang terdapat selokan yang belum dibersihkan pemerintah akan segera membersihkannya.

"Ini kita bersihkan," ujarnya.

Sampah di PPS Lampulo. Foto: Rahmat Fajri

Terkait sampah di Dermaga Lampulo, Samsuar mengaku pihaknya sudah membersihkannya beberapa hari yang lalu, tetapi jika masih ada maka kemungkinannya itu sampah baru.

"Untuk dermaga sudah dibersihkan kemarin, sampah itu kita bersihkan, ada lagi dia (sampah) kan," katanya.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...