Insentif PKB - BPKA 2019
Unduh Aplikasi

SauMU Desak Pemerintah Cina Hentikan Penindasan Terhadap Muslim Uighur

SauMU Desak Pemerintah Cina Hentikan Penindasan Terhadap Muslim Uighur
Massa aksi bela muslim Uighur di halaman masjid raya Baiturrahman Banda Aceh. Foto: Rahamt Fajri

BANDA ACEH -  Ratusan massa dari Solidaritas Aceh untuk Muslim Uighur (SauMU) menggelar aksi di halaman masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jum'at (21/12). Massa mengutuk keras penindasan terhadap warga muslim Uighur Cina.

Aksi dengan cara penyampaian tausiah oleh sejumlah tokoh dan ulama Aceh itu dimulai sejak ba'da shalat Jum'at hingga menjelang shalat ashar.

Koordinator Aksi, Dedi Al Mubarak dalam pernyataan sikapnya mengutuk segala bentuk kezaliman dan tindakan yang bcrtentangan dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan, serta pelanggaran HAM dalam bentuk apapun.

Massa meminta agar Pemerintah Cina segera menghentikan segala bentuk penindasan dan kejahatan kemanusian terhadap masyarakat Uighur. Dan mendesak Pemerintah Indonesia dan negara muslim lainnya melakukan langkah diplomatik dalam mewujudkan perdamaian dan penegakan HAM terhadap masyarakat muslim Uighur.

"Membuat pernyataan sebagai sikap resmi pemerintah," pintanya.

Dedi menghimbau, kepada seluruh umat islam dan ormas islam untuk memberikan dukungan moril dan penggalangan dana untuk membantu masyarakat muslim Uighur. Dan melakukan qunut nazilah atas musibah yang dialami kaum Muslimin Uighur. 

Massa juga mendesak kepada negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (0KI) untuk segera bertindak tegas terhadap Pemerintah Cina demi menyelamatkan saudara muslim Uighur dari penderitaan mereka dan kembali mendapatkan hak-hak sipil nya.

"Menuntut Pemerintah Indonesia untuk memainkan perannya sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia dalam membela nasib umat Islam di Uighur," tandas Dedi.

Dalam aksi tersebut, massa kompak memakai ikat kepala bertuliskan tauhid dan jangan tindas Uighur, selamatkan Uighur serta beberapa tulisan lainnya.

Khanduri Laot
GANN

Komentar

Loading...