Unduh Aplikasi

Sambut Hut RI ke-74, Majelis Tarbiah Gelar Doa di Makam Pahlawan Nasional

Sambut Hut RI ke-74, Majelis Tarbiah Gelar Doa di Makam Pahlawan Nasional
Doa bersama di Makam Pahlawan Nasional Teungku Abdul Jalil. Foto: AJNN.Net/Sarina

LHOKSEUMAWE - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke -74 Republik Indonesia, Pimpinan Tarbiah Islamiah Mazhab Syafi'i, berserta anggota juga sejumlah masyarakat melaksanakan doa bersama di Makam Pahlawan Nasional Teungku Abdul Jalil Cot Plieng Bayu di Desa Beunot, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara.

Pantauan AJNN, sebelum melaksanakan doa bersama, terlebih dahulu mereka melaksanakan konvoi bersama dari Balai Tarbiyah, Gampong Meunasah Mee, Kandang, Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Pimpinan Tarbiah Islamiah Mazhab Syafi'I, Teungku Teungku Usman atau kerab dipanggil Abati Banda Dua mengatakan, alasan pihaknya menggelar doa di makam tersebut karena Teungku Abdul Jalil merupakan satu-satunya ulama di nusantara yang melawan penjajah yakni Jepang.

“Beliau juga gugur (Syahid) dalam medan pertempuran melawan penjajah Jepang, dan beliau juga salah satunya ulama Tarbiyah Islamiyah mazhab Syafi’I yang memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia bersama Bung Karno di Hasan Krueng Kale,” katanya disela-sela doa bersama,

Sambungnya lagi, Tarbiyah Islamiah Mazhab Imam Syafii sudah ada sebelum Kemerdekaan Indonesia, yaitu pada masa Kesultanan Maliksussaleh dan Syiah Kuala dan Tuanku Raja Keumala. Oleh karena itu Tarbiyah Islamiah Mazhab Sayfii tersebut sangat berperan dan berjasa dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

“Tujuan Tarbiyah Islamiyah mazhab Syafii yaitu untuk memperbaiki moral bangsa. Oleh karena itu kami imbau kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk menjalankan acuan Tarbiyah Islamiyah mazhab Syafii. Sehingga terciptanya bangsa dan Negara yang makmur adil, makmur dan beradap,” pungkasnya.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...