Unduh Aplikasi

Saat Air Tak Mengalir Jauh

Saat Air Tak Mengalir Jauh
Ilustrasi: City of Rockford

PEKERJAAN yang dilakukan oleh petugas Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Daroy tak maksimal. Pemasangan pipa baru di sebuah kawasan di Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, hanya menyisakan lubang dan bekas galian yang menganga. Sementara air minum yang diharapkan dapat mengalir lancar ke keran-keran di rumah pelanggan tetap tersendat.

Jika dibandingkan dengan volume air  dari pipa lama, pemasangan pipa baru benar-benar tak memberikan efek seperti yang diharapkan pelanggan. Volumenya malah makin parah. Padahal, beberapa pelanggan telah mengingatkan petugas untuk memastikan ketersediaan air di pipa baru sebelum mengganti pipa lama. 

Air bersih seharusnya bisa dinikmati kapan saja. Apalagi di daerah seperti Banda Aceh. Pelanggan di  cukup memutar keran untuk mendapatkan air yang mereka butuhkan, kapan saja. Ini adalah Ibu Kota Aceh. Semua urusan terpusat di sini. Industri kecil dan menengah, perhotelan, perkantoran dan pusat-pusat layanan lain, semua terkonsentrasi di sini. Kebutuhan air bersih menjadi sesuatu yang terelakkan. 

Di Beurawe, dan banyak daerah lain, air baru mengalir pada tengah malam. Air mengalir tanpa bantuan mesin pompa. Saat azan Subuh berkumandang, air pun terhenti karena keran-keran mulai “berebut” untuk mengeluarkan air. Di beberapa daerah, bahkan pompa air tak mengalirkan air.

Selain pasokan, perusahaan plat merah ini juga sepertinya tak sanggup mengatur kualitas air. Acap kali air yang masuk ke pipa pelanggan kotor dan berlumpur. Perusahaan mengabaikan pentingnya kualitas layanan mereka. Padahal, dalam berbisnis, kepuasan konsumen terhadap layanan yang diberikan adalah sebuah keharusan sebagai bukti bahwa perusahaan itu sehat.

PDAM Tirta Daroy juga seperti tidak mengantisipasi kebutuhan air yang terus meningkat di areal usahanya. Sementara, mereka juga tidak memiliki banyak sumber air untuk diolah menjadi air bersih. Belum lagi, tingkat kebocoran di pipa yang harus ditekan untuk mengurangi kerugian.

Seluruh kekurangan-kekurangan ini harus dapat dibenahi. Ketersediaan pasokan air, misalnya, harus diantisipasi dengan memelihara aliran sungai, terutama di kawasan hulu. Hutan di atas, sebagai penyedia air, harus dipastikan terus ada. Dan ini membutuhkan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Sebagai penerima manfaat, tak ada salahnya jika perusahaan ini memberikan subsidi kepada kawasan yang lebih tinggi agar mau menjaga sumber mata air. Di bawah, selain meningkatkan kinerja perusahaan, manajemen harus mampu memperbaiki sistem pemipaan. Jangan karena memegang monopoli, perusahaan daerah air bersih malah jadi bahan bancakan pejabat daerah dan kroni-kroninya.

Sabang Marine 2019

Komentar

Loading...