Unduh Aplikasi

Rumah Sakit Jiwa Aceh Siap Tampung Caleg Gagal yang Depresi

Rumah Sakit Jiwa Aceh Siap Tampung Caleg Gagal yang Depresi
Rumah Sakit Jiwa. Foto: rsj.acehprov.go.id

BANDA ACEH - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh siap menampung calon legislatif (Caleg) yang gagal, kemudian mengalami gangguan jiwa pasca Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Direktur RSJ Aceh, Makhrozal mengatakan, pihaknya selalu siap melayani pasien yang mengalami gangguan jiwa, baik itu yang dirujuk dari Kabupaten/kota, Puskesmas, Rumah Sakit maupun yang dibawa langsung oleh keluarga pasien.

"RSJ Aceh selalu siap melayani pasien yang dirujuk. Siap, siap sekali, karena kami juga sudah mempersiapkan," kata Makhrozal kepada wartawan usai pelaksanaan sosialisasi kepemiluan oleh KIP Banda Aceh di RSJ Aceh, Rabu (27/3).

Namun, kata Makhrozal, RSJ tidak menyiapkan tempat khusus bagi caleg yang mungkin mengalami gangguan jiwa, semua akan diberi pelayanan yang sama dengan pasien lainnya.

"Kalau bed khusus mungkin untuk caleg yang gagal tidak, semua sama," ujarnya.

Tetapi, lanjut Makhrozal, perbedaannya nanti tergantung dengan kondisi pasien sendiri, apakah harus masuk ke ruang gawat darurat dulu atau melalui rawat jalan.

"Sesuai dengan kasus yang kami terima nanti," tuturnya.

Makhrozal menambahkan, berdasarkan data pasca Pemilu 2014 lalu, pasien di RSJ Aceh memang meningkat sampai 23 persen setelah tiga bulan proses pemilihan caleg berlangsung. Karena itu pihaknya harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi.

"Data 2014 pasca pemilu, tiga bulan kemudian sampai 23 persen itu ada kenaikan kasus yang kami terima disini. Jadi kami juga harus siap," kata Makhrozal.

Festival Ramadhan Aceh 2019

Komentar

Loading...