Insentif PKB - BPKA 2019
Unduh Aplikasi

Roda360, Ojek Online Baru di Aceh

Roda360, Ojek Online Baru di Aceh
Mitra Roda360 saat peluncuran di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu (24/2). Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Provinsi Aceh, kedatangan satu ojek online baru yang merupakan buatan anak negeri. Sistem aplikasi ini sangat jauh berbeda dengan aplikasi ojek yang sudah ada.

Aplikasi ini diberi nama Roda360. Sayangnya aplikasi ini baru ada di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh. Jadi bagi masyarakat yang berada di luar dua provinsi ini belum bisa menggunakan aplikasi yang berkantor pusat di Medan.

Untuk Aceh, peluncuran aplikasi ini berlangsung di Lapangan Blang Padang, Minggu (24/2) pagi oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh, Roeslan Abdul Gani, didampingi Ceo Roda360, Dony Salim, dan Pimpinan Koperasi Tunas Baru Abadi, Surpriadi Adiguna.

General Manajer Roda360 Dodi Salim, mengatakan aplikasi ini diciptakan oleh anak negeri, yang merupakan lulusan-lulusan kampus yang ada di dalam negeri.

"Di Aceh kami bekerja sama dengan Koperasi Tunas Baru Abadi untuk memasarkan produk UMKM dari Aceh," kata Dodi Salim.

Menurutnya yang membedakan ojek online ini dengan ojek lainnya adalah konsumen bisa memesan driver jauh-jauh hari, mulai 15 menit hingga 30 hari kedepan. Kemudian, aplikasi ini juga menyediakan rental mobil dan driver mulai per jam hingga harian.

"Kami juga menyediakan pelayanan pesan tiket bus online. Di Aceh kami juga membantu memasarkan produk-produk UMKM sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh," ujarnya.

Dalam aplikasi Roda360, kata Dodi, untuk pemesanan rental mobil baik dalam kota maupun luar kota, harga layanan yang tertera bisa ditawar atau negosiasi oleh konsumen dengan mitra driver Roda360.

"Tujuan kehadiran aplikasi Roda360 untuk memberikan layanan moda transportasi kepada masyarakat. Untuk mendowload aplikasi ini bisa mengunjungi playstore dengan mengetik Roda360," jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan Koperasi Tunas Baru Abadi, Supriadi Adiguna, menjelaskan kehadiran aplikasi Roda360 ini akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Aceh.

"Kalau di aplikasi ini sudah lengkap, apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sudah tersedia, mulai antar jemput hingga kebutuhan penyewaan mobil dan driver," ungkapnya.

Selain itu, kata Supriadi, adanya aplikasi Roda360 bisa membantu mempromosikan produk-produk UMKM yang selama ini kekurangan dalam bidang promosi.

"Sehingga ini juga bisa membantu kerja-kerja pemerintah yang selama ini sudah gencar mempromosikan produk UMKM. Makanya kami butuh dukungan pemerintah," ungkapnya.

Khanduri Laot

Komentar

Loading...