Unduh Aplikasi

Rizal Ramli: Dana Otsus Aceh Sangat Besar, Hasilnya Nyaris Tak Ada

Rizal Ramli: Dana Otsus Aceh Sangat Besar, Hasilnya Nyaris Tak Ada
Mantan Menko Maritim, Rizal Ramli. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Bekas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Rizal Ramli mengatakan Aceh merupakan daerah yang memiliki dana Otonomi Khusus (Otsus) cukup besar, namun dirinya sangat prihatin karena sejauh ini belum terlihat hasil yang cukup baik.

"Ada dana Otsus yang lumayan besar, saya kaget dan sedih kok hasilnya nyaris tidak ada," kata Rizal Ramli kepada wartawan usai mengisi kuliah umum tentang refleksi 10 tahun dana Otsus di Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Senin (16/4).

Rizal Ramli mengaku Aceh merupakan daerah yang kaya baik dari segi pendapatan, rakyat yang berani melakukan inovasi dan juga pintar. Namun dirinya merasa sedih karena ekonomi Aceh pada tahun lalu hanya tumbuh 4,2 persen, dibawah rata-rata nasional 5 persen.

Selain itu, Rizal Ramli menyayangkan proses penggunaan dana Otsus terssbut selama ini tidak jalankan secara transparan dan bahkan belum tepat sasaran.

"Sayang proses penggunaannya tidak transparan dan tidak tepat sasaran," ujarnya.

Rizal meminta kepada masyarakat Aceh untuk mendesak pemerintah agar mengumumkan jumlah serta penggunaan dana Otsus melalui media massa, sampai pada penanggung jawab hingga manfaat dari proyek yang dilakukan tersebut.

"Untuk apa saja, proyek apa saja, yang tanggungjawab siapa, koordinatornya siapa, manfaatnya apa," imbuhnya.

Kemudian, lanjutnya, dengan seperti itu tidak hanya anggota DPR yang bisa mengawasi, tetapi masyarakat baik dari kalangan universitas maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat melakukan pengawasan.

"Mari kita mulai transparan mengelola pemerintah, itu saya percaya Aceh bisa tumbuh lebih pesat dan berkembang," jelasnya.

Selain itu, Rizal Ramli merasa bingung dengan kondisi Aceh, pasalnya daerah yang mempunyai dana Otsus paling besar, tetapi menjadi provinsi paling miskin di Sumatera, angka pengangguran tinggi, dan bahkan paling miskin ke 5 di Indonesia.

"Kok bisa dana Otsus paling besar, yang miskin di Sumatera Aceh, paling miskin nomor 5 di Indonesia. Ini ngak benar, duitnya ada, cara pengelolaan sistem dan pengawasannya diperbaiki," kata Rizal Ramli.

Ibadah Haji 1439H

Komentar

Loading...