Unduh Aplikasi

Ribuan Pengemudi Becak di Solo Deklarasikan Dukungan Jokowi

Ribuan Pengemudi Becak di Solo Deklarasikan Dukungan Jokowi
foto: Merdeka.com

SOLO- Ribuan pengemudi becak di Solo Raya menggelar acara deklarasi dukungan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi- Ma'ruf Amin, di Joglo Sriwedari, Rabu (27/2). Pembacaan ikrar dukungan kepada pasangan capres nomor urut 01 tersebut disaksikan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Solo, Her Suprabu.

Ketua Panitia Deklarasi Sardi Ahmad mengaku acara deklarasi tersebut dihadiri sedikitnya 1.200 pengayuh becak di Kota Solo. Mereka berasal dari 130 pangkalan yang tersebar di Kota Bengawan. Dengan dukungan tersebut ia yakin Jokowi-Ma'ruf akan meraup suara hingga 80 persen di kota kelahirannya.

"Pak Jokowi itu sudah dekat dengan konco-konco becak di Solo. Yang kedua, Jokowi sendiri kan juga orang Solo," ujar Sardi disela acara.

Menurut dia, saat Jokowi menjabat sebagai wali kota, keluhan para pengemudi becak sering didengarkan. Saat para pengayuh becak bertandang ke balai kota, Jokowi menerima dengan baik serta mau menampung aspirasi yang disampaikan. Demikian juga setelah menjadi presiden kebiasaan tersebut tetap dijalankan Jokowi.

"Kalau Lebaran mesti, satu keluarga menyapa teman-teman becak," ujarnya.

Sardi berharap jika Jokowi-Ma'ruf menang nanti kesejahteraan pengayuh becak bisa meningkat. Pasalnya saat ini pendapatan mereka menurun drastis. Kondisi tersebut diperparah dengan menjamurnya angkutan umum berbasis online yang lebih murah.

"Mohon angkutan online yang membinasakan becak itu harus dibatasi. Dan diatur sedemikian rupa agar becak tradisional ini tidak tergeser. Pengemudi becak sekarang ini sehari bisa narik sekali saja sudah senang," keluhnya.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Solo, Her Suprabu, mengaku dukungan tersebut sangat berarti bagi kemenangan pasangan 01. Ia menilai para pengemudi becak tersebut merupakan akar rumput sesungguhnya di kalangan masyarakat.

"Kami sangat berterimakasih, sebagai grassroot, para penarik becak itu sangat solid mendukung Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin. Apalagi mereka diharapkan juga mengajak keluarganya untuk mencoblos Jokowi-Ma'ruf," pungkasnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...