Unduh Aplikasi

Ribuan Masyarakat Pijay Terancam Tak Dapat Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2019

Ribuan Masyarakat Pijay Terancam Tak Dapat Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2019
ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA – Ribuan masyarakat Pidie Jaya terancam tidak dapat mengunakan hak suaranya pada Pemilhan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung tahun 2019 mendatang.

Sebelumnya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pidie Jaya setelah perbaikan sebanyak 108.896 pemilih.

Namun menurut data pada Dinas Kependudukan dan Pencatat Sipil (Disdukcapil) Pidie Jaya, jumlah masyarakat yang dapat mengunakan hak suara atau telah wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 110.855 jiwa. Artinya, 1.959 warga Pidie Jaya terancam tidak dapat mengunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 mendatang.

“Berdasarkan DPT KIP, hampir mencapai dua ribuan warga Pidie Jaya tidak dapat mengunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 mendatang, karena mereka belum melakukan perekaman e-KTP," kata Kepala Disdukcapil Pidie Jaya, Helmi kepada wartawan, Senin (8/10/).

Dijelaskannya, dari jumlah keseluruhan penduduk Pidie Jaya 157.942 jiwa, sementara warga yang wajib meliki KTP sebanyak 110.855 jiwa.

Ia meminta kepada warga yang belum melakukan perekaman e-KTP supaya segera melakukan perekaman, hal tersebut lanjutnya, agar dapat mengunakan hak suaranya pada Pemilu mendatang.

“Kita sudah pernah melakukan perekaman e-KTP keliling gampong, pihak camat juga sudah kita surati agar perekaman warga yang wajib KTP Kecamatan tersebut agar segera diselesaikan. Kami berharap kepada masyarakat yang belum merekam e-KTP untuk segera melakukan perekaman, paling lambat sehari sebelum pemilihan," imbunya.

Komentar

Loading...