Unduh Aplikasi

Rektor Unmuha: Peran dan Fungsi Wali Nanggroe Perlu Ditingkatkan

Rektor Unmuha: Peran dan Fungsi Wali Nanggroe Perlu Ditingkatkan
Photo Detik,com

BANDA ACEH - Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Muharrir Asy'ari menilai peran serta fungsi Wali Nanggroe harus ditingkatkan agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari keberadaan lembaga tersebut.

"Sekarang apakah Wali Nanggroe sudah maksimal dalam menjalankan peran dan fungsinya sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat, itu yang perlu ditingkatkan sebenarnya," kata Muharrir Asy'ari kepada AJNN, Sabtu (8/12).

Meski demikian, Muharrir mendukung keberadaan Lembaga Wali Nanggroe karena memang diatur dalam Undang-undang Pemerintah Aceh (UUPA). Namun lanjut dia, yang terpenting adalah bagaimana menjalankan fungsi dan program agar peran Wali Nanggroe menjadi tepat.

"Sebetulnya kalau sudah ada peran dan fungsinya, sudah bisa diukur apa manfaat Wali Nanggroe itu," ujarnya.

Menurut Muharrir, Lembaga Wali Nanggroe itu lebih melihat bagaimana mendamaikan suatu masalah-masalah yang krusial di daerah, atau menjadi penengah dalam menyelesaikan sebuah persoalan.

"Wali Nanggroe sebuah lembaga bagaimana mendamaikan kalau ada masalah yang krusial, misalnya di suatu daerah, dia bisa menjadi penengah menyelesaikan masalah-masalah," tuturnya.

Soal kriteria calon Wali Nanggroe, Muharrir berpendapat karena Aceh merupakan daerah syariat, maka sosok yang menjabat Wali Nanggroe harus orang Aceh dan seorang muslim. Sosok Wali Nanggroe kata dia juga harus berilmu pengetahuan dan wawasan luas, serta berkomitmen memperjuangkan kedamaian serta kesejahteraan masyarakat Aceh.

"Menurut saya, terutama sekali tentu orang Aceh, muslim yang bagus, mempunyai komitmen terhadap perjuangan Aceh, moralitas, mempunyai ilmu dan wawasan, selanjutnya punya komitmen perjuangan tinggi bagaimana menciptakan Aceh ini damai," imbuhnya.

"Yang bisa memahami perdamaian Aceh," sambung Muharrir.

Selain itu, tambah Muharrir, seorang Wali Nanggroe juga harus mempunyai wawasan pembangunan Aceh kedepannya seperti apa. Tetapi tetap berlandaskan syariat islam.

Pemberitahuan Mulai Tender/Seleksi Sekda Aceh

Komentar

Loading...