Unduh Aplikasi

Rekompak Pasca Gempa Pidie Jaya Harus Tuntas Tahun 2018

Rekompak Pasca Gempa Pidie Jaya Harus Tuntas Tahun 2018
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei. Foto: Muksalmina

PIDIE JAYA – Sebanyak 830 unit rumah rusak akibat gempa Pidie Jaya 7 Desember 2016 lalu yang masuk daftar tunggu akan segera mendapat bantuan rehab rekon, rehab rekon pemukiman harus tuntas tahun 2018.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei kepada awak media usai melakukan rapat koordinasi antara Badan Penanggulanga Bencana Aceh (BPBA), BPBD Pidie, Pidie Jaya dan Bireun terkait rehabilitasi dan rekontruksi masyarakat dan pemukiman (Rekompak) di Pendopo Bupati Pidie Jaya, Kamis (1/3).

“Masalah pendataan itu biasa terjadi dinamika tentang jumlah, jadi itu tidak masalah, kami akan lakukan pendataan tambahan, karena ini adalah proses yang harus dipenuhi,” katanya.

Willem juga menjelaskan, untuk korban gempa yang rumahnya masuk daftar tunggu, rumah tersebut akan diverifikasi kembali. Setelah itu, bupati akan meng SK kan rumah tersebut.

“Begitu SK ditanda tangani oleh bupati, dalam waktu satu jam uang itu langsung disalurkan kepada masyarakat melalui BPBD,” tegas Willem.

Ia menegaskan, sesuai intruksi Presiden Indonesia Joko Widodo, untuk pemulihan pemukiman, paling lambat akhir 2018 sudah tuntas.

“Beliau (Presiden) mengatakan, untuk rehabilitasi dan rekontruksi harus selesai paling lambat tahun 2018 ini,” imbuhnya.

Dikatakannya, Pemerintah Pusat telah menyiapkan anggaran untuk pemulihan pasca gempa melanda Pidie Jaya akhir tahun 2016 itu.

“Menurut saya pemulihan pasca gempa di Aceh ini tidak ada masalah, karena pemerintah sudah menyiapkan anggaran,” jelasnya.

Ia juga meminta untuk melaporkan jika ada bantuan yang tidak tepat sasaran. Karena lanjutnya, masalah akuntabilitas adalah hal yang paling mutlak.

“Jadi teman-teman tolong lapor, langsung ke saya juga boleh, kalau ada bantuan yang tidak tepat sasaran,” tutup mantan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII Manado 2008 itu.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...