Unduh Aplikasi

Raisatul Gebrina, Gadis Cantik dengan Segudang Prestasi

Raisatul Gebrina, Gadis Cantik dengan Segudang Prestasi
Raisatul Gebrina

LHOKSEUMAWE – Raisatul Gebrina, gadis asal Gampong Meunasah Masjid, Cunda, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe merupakan salah satu wanita berparas anggun dengan segudang prestasi.

Eca sapaan akrab Raisatul Gebrina, saat ini sedang menempuh pendidikan S1 Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala dan baru semester empat.

Wanita kelahiran 17 Desember 1998 itu, merupakan putri dari pasangan Muhammad Amin dan Agustina yang saat ini memiliki kesempatan untuk mewakili Provinsi Aceh ke Putera-Puteri Kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang.

Baca: Rahmad dan Raisa Wakili Aceh ke Ajang Putera-Puteri Kebudayaan Indonesia 2019

Selain memiliki cita-cita menjadi seorang dokter, Eca juga mengaku memiliki hobi menulis, traveling dan juga vlogging.

Adapun sejumlah prestasi yang sudah diraih oleh puteri cantik asal Lhokseumawe tersebut yakni, Juara 1 Pidato Bahasa Inggris dalam ajang IECLOP PNL tingkat provinsi tahun 2015, Juara II Pidato Bahasa Arab dalam ajang STAIN FAIR tingkat provinsi tahun 2015, Juara II Cerdas Cermat dalam ajang ISAT-V USK tingkat provinsi tahun 2016.

Juara 1 Olimpiade Biologi dalam ajang TOBI tingkat kota tahun 2016, Juara 4 Cerdas Cermat 4 Pilar MPR-RI tk provinsi 2016, Juara 1 Pidato Bahasa Arab dalam ajang Lhokseumawe Education Fair 2016, Juara 3 Mengarang Cerpen dalam ajang Bulan Bahasa Unimal tingkat provinsi 2016.

Siswi Berprestasi SMA Negeri Modal Bangsa Arun 2017, Juara 2 Duta Wisata Kota Lhokseumawe 2018, dan terakhir menjadi Puteri Kebudayaan Aceh 2019.

“Jadi kesan saya selama ini diiringi dengan perasaan yang bahagia, tentunya saya selalu bersyukur kepada Allah atas setiap pencapaian. Kesuksesan yang saya miliki tidak serta merta atas usaha saya sendiri, melainkan atas dukungan dari berbagai pihak terutama guru, sahabat, dan pastinya keluarga, terlebih lagi ibu saya,”kata Eca kepada AJNN, Sabtu (15/6).

Menurut Eca, mereka yang sangat berperan dan selalu mengajarkannya untuk tetap "down to earth" dan jangan pernah lupa untuk tetap berpegang teguh terhadap tiang agama. Dan dirinya juga berpesan bagi siapapun yang ingin sukses, kuncinya hanya satu, milikilah adab. "Al-adabu fauqal 'ilmi" (adab diatas ilmu). Sia-sia semua kehebatan bila tidak beradab.

Dirinya juga menyampaikan pandangannya tentang budaya Indonesia khususnya Aceh saat ini. Menurut Ia pribadi, di Indonesia hidup dengan beragam suku dan bangsa. Untuk saling mengenal antara satu dengan yang lain dieratkan dengan budaya. Budaya Indonesia identik dengan budaya timur, karena negara Indonesia mayoritas penduduknya adalah beragama Islam.

“Terkhusus untuk Aceh, kita dikenal dengan sebutan Serambi Mekah yang sangat religius karena keharmonisan antara adat istiadat yang berlandaskan Al-Qur'an dan Hadits. Semua ini sangat jelas terlihat di dalam kehidupan sosial budaya rakyat Aceh. Islam dan budaya adat Aceh menjadi satu paket yang tak dapat dipisahkan,” ungkapnya.

Sambungnya, terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia khsusnya di Aceh sebenarnya tidak ada kekurangan dari adat budaya yang Aceh miliki. Semua tertata dengan begitu sempurna karena berlandaskan aturan Islam.

“Namun kita memiliki kendala yang dapat menghambat budaya kita, yaitu kesiapan perangkat adat di tingkat desa, terutama sumber daya manusia, serta pemangku adat yang masih muda-muda sehingga masih minim akan pengalaman tentang adat istiadat. Inilah tantangan yang membuat diri saya terpacu untuk menjadi Puteri Kebudayaan Aceh 2019,” jelasnya.

Eca juga berpesan kepada muda-mudi yang ada di Indonesia khususnya Aceh, harapan terbesar terletak pada generasi muda sebagai tonggak dalam menjaga dan mempertahankan warisan nusantara, yaitu budaya.

“Sebagai generasi muda, kita harus bersikap bijak dalam menjaga kebudayaan yang kita miliki. Sudah sepatutnya kita bangga dan berusaha menghalau budaya luar yang mampu menggerus kearifan budaya lokal Indonesia,” imbuh Eca.

Komentar

Loading...