Unduh Aplikasi

Putusan MK Diprediksi Bakal Sama dengan Putusan Sengketa Pilpres 2014

Putusan MK Diprediksi Bakal Sama dengan Putusan Sengketa Pilpres 2014
Foto: Ist

BANDA ACEH - Praktisi Hukum, M Reza Maulana menilai gugatan pemohon dalam PHPU sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) oleh kubu Prabowo-Sandi terlalu lemah. Bahkan hasilnya diprediksi bakal sama dengan putusan sengketa Pilpres 2014 lalu.

Salah satunya, pada permohonan pertama tidak menyebutkan angka, sedangkan setelah direvisi (di permohonan selanjutnya) menyebutkan angka.

Terkait pembuktian, Reza melihat, dokumen yang disasar seperti beberapa jam setelah punggutan suara (Klaim kemenangan 60 sekian persen lebih), itu berdasarkan C1. Lalu, bila C1 yang dianalogikan, seharusnya C1 yang dijadikan alat bukti di MK.

"Artinya ada data fisik, yang seharusnya disampaikan ke MK dan itu lebih kuat," kata M Reza pada diskusi publik di Banda Aceh, Rabu (26/6).

Selain itu, kata Reza, semua saksi yang dihadirkan kubu 02 tidak terlalu banyak membantu. Diamatinya, para saksi dipatahkan hanya dengan satu pertanyaan oleh kuasa hukum KPU.

Karena itu, Reza meyakini bahwa putusan MK pada sengketa Pilpres 2019 ini tidak akan berbeda jauh dengan hasil gugatan Pilpres 2014 lalu, mengingat pemohon tidak memberikan serinci mungkin bukti-bukti dalam bentuk angka.

"Dalam konteks sengketa di MK kali ini, saya tebak, hasil putusan nantinya pertimbangan pertama oleh MK akan sama dengan sengketa pilpres 2014 yang lalu. Bahwa pihak pemohon tidak dapat merincikan bukti angka," pungkas Reza.

HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...