Unduh Aplikasi

PUSPA: Perlindungan Perempuan dan Anak Harus Diutamakan

PUSPA: Perlindungan Perempuan dan Anak Harus Diutamakan
Ilustrasi.Foto:Net

LHOKSEUMAWE - Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Aceh Utara berharap semua pihak dan Stakeholder di Indonesia khususnya Aceh mengutamakan perlindungan terhadap perempuan dan anak. Pasalnya, anak dan perempuan merupakan sumber daya dimasa mendatang.

“Saya kira, kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan isu yang paling penting untuk disikapi,” kata Ketua PUSPA Aceh Utara, Lailan Fajri Saidina kepada AJNN, Rabu (21/11).

Lailan mengatakan perhatian khusus terhadap kedua komponen tersebut penting dilakukan karena perempuan dan anak merupakan sumber daya masa depan. Untuk itu siapapun harus menjaga kepentingan dan perkembangannya ke depan dengan turut terlibat dan berkontribusi memberikan perlindungan.

“Selama ini perempuan dan anak sering menjadi objek kekerasan, meskipun sebenarnya itu bisa diantisipasi dengan keterlibatan semua pihak,” ungkapnya.

Puspa kata Lailan ingin memberikan perlindungan dan mengangkat potensi yang ada pada perempuan dan anak, sehingga mereka lebih berdaya pada kehidupan bersosial.

“Langkah awal yang kita lakukan untuk mencegah maraknya kekerasan terhadap perempuan dan anak ke depan yakni, kita identifikasi terlebih dulu. Karena kasus ini tidak bisa dilihat dari permukaan saja, pasti ada sesuatu latar belakang serta akarnya,” jelas Lailan.

Menurut Lailan, banyak yang melatarbelakangi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Selain faktor perilaku, memang secara psikologis orang yang dalam kondisi tidak stabil dan labil sehingga terjadi pelecehan, pemerkosaan, juga kekerasan terhadapa perempuan dan anak,"ungkap Lailan. "Semua pihak harus sebisa mungkin mengedepankan kehidupan berkasih sayang dan tidak hanya bicara tentang kekerasan saja".

 

Komentar

Loading...