Unduh Aplikasi

Puluhan Imigran Rohingya di Idi Dipindah ke Langsa

Puluhan Imigran Rohingya di Idi Dipindah ke Langsa
Imigran etnis Rohingya asal Myanmar meninggalkan rumah penampungan sementara di Idi Aceh Timur sebelum diberangkatkan ke Langsa. Photo: Ist

ACEH TIMUR – Sebanyak 20 orang etnis Rohingya asal Myanmar yang sebelumnya singgah di Kuala Idi, akhirnya dipindah ke Kantor Imigrasi Langsa, Selasa 4 Desember 2018. Mereka dipindah setelah sebelumnya sempat ditampung di Rumah Dinas Lanal Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Wahyu Kuncoro melalui Wakapolres, Kompol Warosidi mengatakan, pemindahan dilakukan setelah pemkab Aceh Timur berkordinasi dengan Kantor Imigrasi Langsa.

Dalam kordinasi tersebut kata Warosidi disepakati pengurusan imigran asal Rohingya tersebut ditangani pihak imigrasi Langsa.

“Usai pendataan dan pemeriksaan medis, sekitar pukul 17.00 WIB, 20 orang pengungsi Rohingya kemudian dibawa ke Kantor Imigrasi Langsa untuk ditampung sementara sebelum dipulangkan ke negara asal mereka,” ujar Waka Polres.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 20 jiwa imigran asal Myanmar etnis Rohingya menepi di Kuala Idi, Aceh Timur, Selasa pagi (4/12/2018) sekitar pukul 09.00 WIB. Puluhan imigran tersebut diinformasikan hendak berangkat ke negara Malaysia menggunakan sebuah boat mesin.

“Iya benar ada sebanyak 20 jiwa, dan yang perlu saya tegaskan mereka bukan terdampar tapi mereka menepi sendiri di Kuala Idie,” kata Panglima Loat Idi, Razali M. Ali saat dihubungi AJNN.

Razali menambahkan, di dalam boat yang mereka pakai masih tersedia bahan bakar sebanyak lima jeregen lagi. Kendati demikian, ketika mereka tiba di Kuala Idie, warga setempat lanjut Razali juga sudah memberikan makanan dan minuman kepada Imigran.

“Kenapa saya bilang tidak terdampar, karena stok minyak masih ada lima jeregen lagi diboat mereka,” ungkap Razali.

 

Komentar

Loading...