Unduh Aplikasi

Puluhan Baterai Lampu Jalan di Lhokseumawe Hilang

Puluhan Baterai Lampu Jalan di Lhokseumawe Hilang
Kotak penyimpan baterai di tiang lampu penerang jalan. Foto: Sarina

LHOKSEUMAWE – Puluhan lampu tenaga surya di sejumlah ruas jalan Kota Lhokseumawe kini sudah tak menyala lagi. Pasalnya, baterai yang ada di tiang-tiang lampu tersebut hilang diduga dicuri orang tak dikenal (OTK).

Pantauan AJNN, baterai lampu bertenaga surya di sepanjang Jalan Pasee, Kota Lhokseumawe juga lenyap. Kotak yang dipakai sebagai penyimpan baterai di tiang terlihat sudah kosong.

Anggota DPRK Lhokseumawe, M Hasbi mengatakan, dirinya sangat menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, jika lampu penerang jalan mati akibat baterai hilang, maka akan berdampak kepada masyarakat umum, sehingga dalam hal ini Pemerintah Kota Lhokseumawe harus segera turun tangan.

“Kita mengharapkan pihak Pemerintah melalui dinas terkait, agar mencari solusi karena itu memang kebutuhan masyarakat di malam hari, perlu adanya renovasi dari lampu jalan itu, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya kepada AJNN, Senin (17/6).

Sambungnya lagi, oleh karena itu, ini merupakan salah satu kendala di solar sel, karena baterainya itu katagori mahal, maka di mana-mana kalau solar sel semua akan dijarah, termasuk di jalan samping Krueng Cunda, sudah hilang. Bukan hanya di Lhokseumawe, hampir semua daerah baterai solar sel dijarah.

“Oleh karena itu, dinas terkait harus segera cari solusi bagaimana apakah perlu pergantian baterai atau memang lampu jalan yang harus diganti,” ungkapnya.

Untuk sekarang, sambungnya, antisipasi kembali dijarah oleh oknum tak bertanggungjawab, ada model lampu bertenaga surya seperti yang sudah di pasang kawasan Bireuen dan Banda Aceh, yakni model lampu yang tidak menggunakan baterai tapi langsung tata surya ke lampunya sehingga lebih praktis.

“Kita dari DPRK sendiri sudah melakukan komunikasi dengan dinas terkait, karena dalam hal penganggaran di setiap tahun ada dana renovasi dari pada lampu jalan. Kita harapkan dana itu masih ada sehingga persoalan lampu jalan itu segera teratasi,” pungkasnya.

Komentar

Loading...