Unduh Aplikasi

Proyek Pasar Rp 5 Miliar di Aceh Jaya, Belum Difungsikan Sudah Rusak

Proyek Pasar Rp 5 Miliar di Aceh Jaya, Belum Difungsikan Sudah Rusak
Panglima Laot Lhok Calang, Muhammad Yunan, saat menunjukkan bangunan Pasar Rakyat Krueng Sabee yang ditumbui semak belukar. Foto: AJNN.Net/Suar.

ACEH JAYA - Pasar Rakyat Krueng Sabee yang berada di komplek pasar Ikan Gampong Blang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya kondisi bangunan tersebut sudah mulai retak dibeberapa bagian dinding dan plafon, bahkan sudah ditumbuhi semak belukar.

Dari informasi yang dihimpun AJNN, pasar ikan tersebut dibangun oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Aceh Jaya pada tahun 2016, dengan anggaran capai Rp 5 miliar. Namun hingga kini pasar tersebut belum difungsikan.

Panglima Laot Lhok Calang, Muhammad Yunan, mengungkapkan pasar tersebut selesai dibangun pada tahun 2017. Namun kini kondisi pasar itu sudah terbengkalai karena tidak kunjung difungsikan oleh pemerintah setempat..

"Secara pasti saya tidak tahu kenapa pasar ini belum difungsikan, namun tahun 2018 kemarin ada pembangunan pagar lingkar pasar ini, tapi hari ini kami lihat sama-sama pagar juga sudah siap dikerjakan, jadi mau tunggu apalagi," kata Muhammad Yunan.

Panglima Laot Lhok Calang, Muhammad Yunan, saat menunjukkan bangunan Pasar Rakyat Krueng Sabee yang ditumbui semak belukar. Foto: AJNN.Net/Suar.

Ia sangat menyayangkan bangun yang belum sempat difungsikan tersebut sudah mulai rusak, dengan kondisi dinding, tiang, dan plafon sudah retak.

"Jika terus dibiarkan dan tidak segera difungsikan, bangunan ini akan hancur sia-sia," ujarnya.

Menurutnya, jika pasar rakyat Krueng Sabee, ini difungsikan, banyak manfaat yang diterima oleh daerah, baik itu dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun kebersihan dan ketertiban sudah terkontrol, serta yang paling penting lagi adalah Kota Calang jadi hidup.

Kondisi bangunan Pasar Rakyat Krueng Sabee yang ditumbui semak belukar. Foto: AJNN.Net/Suar.

"Jika selama ini banyak kami lihat penjual ikan jadi tidak tertip, bahkan hampir setiap desa ada yang jual ikan, dan ini membuat Kota Calang semakin sepi," ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap pemerintah agar segera dapat mengfungsikan Pasar Rakyat Krueng Sabee yang sudah dibanguan dengan dana miliaran tersebut.

"Kami berharap kedepan pasar ini akan menjadi pasar induk bagi nelayan dan penjual ikan di Calang," ujarnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...