Unduh Aplikasi

Program Pascasarjana Unsyiah Pecahkan Rekor Doktor Termuda di Provinsi Aceh

Program Pascasarjana Unsyiah Pecahkan Rekor Doktor Termuda di Provinsi Aceh

BANDA ACEH - Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala kembali menyelenggarakan sidang promosi doktor program studi Doktor Matematika dan Aplikasi SAINS.

Agung Setia Batu Bara mahasiswa S3 Program Studi Doktor Matematika dan Aplikasi Sains Program Pascasarjana menjadi doktor termuda lulusan Universitas Syiah Kuala, gelar ini resmi diraihnya pada sidang terbuka yang dilaksanakan pada Selasa 23 Juli 2019 di Balai Senat Universitas Syiah Kuala. Capaian ini mengukir sejarah baru dalam dunia pendidikan di Universitas Syiah Kuala.

Pemuda kelahiran Kuala Simpang 30 September 1990 ini merupakan lulusan S1 Budidaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala yang melanjutkan studi melalui program beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti pada program studi Doktor Matematika dan Aplikasi Sains Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Selama studi S3 di Universitas Syiah Kuala, waktu yang ia miliki senantiasa digunakan untuk melakukan penelitian secara penuh. Dalam Disertasinya ia mengangkat judul "Biologi dan Genetika Ikan Naleh, Barbonymus gonionotus (Pisces: Cyprinidae) di Perairan Nagan Raya, Provinsi Aceh". Dibimbing oleh Prof. Dr. Muchlisin ZA., S.Pi., M.Sc, Dr. Deni Efizon, M.sc, Dr. Roza Elvyra, M.Si dan Prof. Dr. Syamsul Rizal sebagai promotornya.

Dr. Agung Setia Batu Bara merupakan anak ke lima dari delapan bersaudara. Ia sangat bersyukur dapat menempuh studi hingga perguruan tinggi dan mencapai gelar doktor ini. Ia bercerita bahwa kedua orang tuanya tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. (Almarhum) ayahnya, dulunya sehari hari bekerja sebagai penjual tiket bus penumpang rute Kuala Simpang-Medan di Terminal Kuala Simpang.

Dalam keputusan hasil ujian sidang Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng menyatakan bahwa Agung Setia Batu Bara memperoleh nilai 90 dengan kategori A dan IPK 3.96 dan berhak menyandang gelar Doktor.

Sampai dengan hari ini PPs Universitas Syiah Kuala telah menghasilkan sebanyak 13 Doktor, masing-masing 4 Doktor dari prodi Doktor Ilmu Teknik, 5 Doktor dari prodi DMAS, dan 4 Doktor dari prodi IPS. Secara umum masa studi doktor rata rata adalah 3,6 tahun.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...