Unduh Aplikasi

Praktisi Hukum: Langkah Hukum Dekan FT Unsyiah Harus Disikapi dengan Bijaksana

Praktisi Hukum: Langkah Hukum Dekan FT Unsyiah Harus Disikapi dengan Bijaksana
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Praktisi Hukum, Imran Mahfudi menilai langkah hukum yang dilakukan Dekan Fakultas Teknik Unsyiah Taufik Saudi haruslah disikapi secara bijaksana sesuai koridor hukum. Menurutnya dalam kasus ini posisi Taufik Saidi adalah korban yang merasa dirugikan atas tindakan orang lain.

Baca: Saiful Mahdi Tidak Bersedia Minta Maaf

"Seharusnya kita berempati kepada korban yang sedang memperjuangkan keadilan kepada negara akibat peristiwa yang menimpa dirinya, secara hukum sangatlah beralasan apabila seseorang merasa dirugikan atas tindakan atau perbuatan orang lain melakukan upaya hukum, baik secara perdata maupun pidana," kata Imran

Dikatakan Imran, sudah semestinya langkah hukum tersebut diapresiasi karena telah sesuai dengan norma dan kaidah hukum yang berlaku.

"Yang tidak boleh adalah apabila kita merasa dirugikan oleh perbuatan orang lain, lantas kita main hakim sendiri untuk menyelesaikan masalah tersebut," ujarnya.

Kata dia, yang harus dipantau adalah proses penegakan hukum tersebut harus sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, dan apabila terjadi penyalahgunaan kekuasaan, dapat diajukan upaya hukum berupa praperadilan terhadap aparat penegak hukum.

Komentar

Loading...