Unduh Aplikasi

Potret Mengenaskan Anak-anak Yaman Akibat Konflik Berkepanjangan

SANAA - Konflik di Yaman membuat negeri itu mengalami bencana kemanusiaan yang parah. Jutaan anak-anak berisiko mengalami kelaparan. Potret mengenaskan anak-anak Yaman seperti dilansir detik.com mengutip foto-foto dari kantor berita reuters berikut ini menggambarkan kondisi warga di negeri itu.

14 juta warga Yaman, atau separuh populasi negeri itu terancam 'kondisi ambang kelaparan,' demikian peringatan PBB. Koordinator kemanusiaan PBB, Mark Lowcock mengatakan, hasil survei menunjukkan jumlah warga Yaman yang sepenuhnya bergantung pada bantuan untuk bertahan hidup tiga juta lebih tinggi ketimbang yang diperkirakan.

Jutaan anak di Yaman terancam mengalami kelaparan, akibat eskalasi konflik yang meningkat sejak 2015 setelah koalisi yang dipimpin Arab Saudi mengintervensi militer setelah kelompok pemberontak Houthi menguasai sebagian besar wilayah barat negara itu.

Gempuran militer dan blokade terbatas oleh koalisi Saudi juga menyebabkan 22 juta warga Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan, menciptakan keadaan darurat keamanan pangan terbesar di dunia. PBB telah mengingatkan bahwa setidaknya 14 juta warga Yaman, atau separuh populasi negeri itu terancam kondisi ambang kelaparan.

Pada akhir 2017, organisasi internasional yang mempromosikan hak-hak anak, Save the Children memperkirakan 130 anak meninggal dunia setiap hari karena kelaparan dan penyakit ekstrem - atau hampir 50.000 anak selama setahun. Mereka mengalami malnutrisi dan dirawat disejumlah di pusat perawatan malnutrisi di rumah sakit negara itu.

PBB menyebut setidaknya 6.660 warga sipil telah tewas dan 10.560 terluka akibat perang berkepangan di Yaman.

HUT RI 74 - Pemkab Aceh Jaya
Idul Adha - Bank Aceh
Ubudiyah PMB 2019

Komentar

Loading...