Polres Abdya Tahan Tersangka Korupsi Dana DAK 2009

·
Polres Abdya Tahan Tersangka Korupsi Dana DAK 2009
Foto: Kapur News
ACEH BARAT DAYA- Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menahan Zakaria bin Yaya (52) tersangka kasus tindak pidana korupsi dana DAK tahun 2009 silam pada Dinas Pendidikan Kabupaten setampat. Senin (28/12) sekira pukul 15.30 Wib.

“Iya benar kita telah menahan tersangka terkait kasus tindak pidana korupsi dana DAK tahun 2009 silam. Namun penahanan ini untuk tahap pertama selama 20 hari dan kita lepas setelah berkas dinyatakan P 21 oleh Jaksa,” Ungkap Kapolres Abdya, AKBP Hairajadi SH melalui Kasat Reskrim Polres Abdya, AKP Misyanto kepada AJNN, Rabu (30/12).

Kasus tersebut lanjut Misnyanto, terkuak dari temuan Inspektorat yang menyatakan kerugian negara mencapai Rp 126 juta dari total Rp 13,8 miliar yang disalurkan kepada sekolah di seluruh Abdya.

” Zakaria ditahan setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka pada tahun 2011 lalu saat masih menjabat sebagai Kabid Madas dinyatakan P 21,”jelasnya.

Dijelaskan Misyanto, Kasus tersebut diperiksa sejak tahun 2011 lalu sempat tersendat-sendat malah tersangka  kaget saat panggil, kenapa dirinya ditahan karena tersangka merasa kasus yang menimpadirinya  saat masih menjabat kabid Madas sudah selesai.

"Ini merupakan kasus lama yang kita tuntaskan,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam kasus ini hanya satu tersangka karena yang dilakukan bukan penyimpangan penggunaan uang tetapi melakukan pengutipan.

“Pemainnya tunggal tidak melibatkan orang lain sehingga tersangka hanya satu orang saja,” ujar Misyanto.

Menurutnya, Zakaria sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi tersebut dijerat melanggar Pasal 2 ayat 1 junto Pasal 3 junto Pasal 12 huruf E, UU nomor 31 tahun 1999 sebagai mana diubah tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi diancam hukuman selama paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun.

Misyanto menyebutkan, tersangka sudah berikan wajib lapor sejak Senin lalu setelah kasusnya bisa ditingkatkan menjadi P21. Dalam waktu dekat ini berkas tersangka bisa dilimpahkan ke Kajari Blangpidie.“Modusnya adalah dengan melakukan pengutipan kepada kepala sekolah. Besar pengutipan bervariasi hingga mencapai Rp 126 juta,” katanya.

Dari tangan tersangka katanya, penyidik Reskrim Polres Abdya berhasil mengamankan BB berupa uang sebesar Rp 30 juta dan dokumen dana DA..

Diketahui, Zakaria merupakan warga Padang Hilir Kecamatan Susoh yang saat ini itu masih menjabat sebagai Kabag Umum pada Sekwan DPRK Abdya.
HUT Abdya ke 15

Komentar

Loading...