Unduh Aplikasi

Politisi Muda Aceh: Posisi dan Kedudukan WN Harus Jelas

Politisi Muda Aceh: Posisi dan Kedudukan WN Harus Jelas
Tuwanku Oryza Keumala

BANDA ACEH - Masa tugas Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe Aceh akan segera berakhir, sebagaimana diatur dalam Qanun Nomor 9 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe. Disebutkan Wali Nanggroe memegang jabatan selama 5 tahun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 117 ayat (1) dan dapat dipilih kembali untuk jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.

Politisi muda Aceh Tuwanku Oryza Keumala berharap Wali Nanggroe kedepan harus lebih jelas posisi dan kedudukanya, lembaga ini masuk ke ranah dan lingkup apa? Eksekutif, Yudikatif atau Legislatif? Karena menurut regulasi yang ada, belum jelas Wali Nanggroe berada di lingkup apa. Untuk itu kata Ory, harus ada upaya penguatan fungsi kelembagaan supaya peran dan kemanfaatnya bisa relevan dengan kondisi Aceh sekarang.

"Bahwa Wali Nanggroe sebagai sebuah fakta sejarah yang lahir dari perjuangan panjang dan MOU Helsinki, ini harus kita apresiasi dan hormati, tetapi tidak salah rasanya jika mendorong lembaga ini lebih keras agar Wali Nanggroe bisa memainkan peran yang lebih besar. Semenjak lembaga ini ada, telah menghabiskan anggaran miliaran rupiah, kalau tanpa spirit yang produktif dan progresif, nasibnya akan sama dengan gedung Wali Nanggroe yang megah dan mewah di kawasan Lampenurut, hebat secara simbolik namun miskin substansi. Gedung Wali nanggroe ini acap kali Menjadi sasaran muda-mudi untuk pengambilan gambar foto pra-wedding, tentu kita tidak mau Wali Nanggroe Aceh kedepan hanya menjadi sasaran selfie (swafoto) para caleg di pemilu mendatang," katanya.

Dia menambahkan, mengenai suksesi Wali Nanggore mendatang, harusnya jauh dari kesan oligarki dan ekslusif. Menurutnya Wali Nanggroe bukan milik kelompok tertentu dan harus mampu menjadi milik seluruh rakyat Aceh.

"Karena menjadi seorang Aceh tidak mudah dan kompleks, apalagi menjadi walinya orang Aceh,"katanya.

Komentar

Loading...