Unduh Aplikasi

Polisi Tangkap Pelaku Ilegal Logging di Bireuen

Polisi Tangkap Pelaku Ilegal Logging di Bireuen
Foto : Ist

BIREUEN – Satuan Reserse Kriminal Polres Bireuen berhasil mengungkapkan kasus illegal logging di kawasan pedalaman Kecamatan Peusangan dan Plimbang, Kabupaten Bireuen.

Alhasil pihaknya berhasil menangkap satu pelaku berinisial SU (46) beserta 58 batang kayu hasil penebangan secara illegal.

“Iya benar, kita menangkap pelaku saat sedang membawa kayu dengan mobil Toyota Hartop, namun ketika dimintai surat ijin, ternyata tidak ada,” kata Kapolres Bireuen, Gugun hardi Gunawan melalui Kasat Reskrim Iptu Rezky Kholidiansyah, Selasa (10/9).

Sambungnya, kayu yang diamankan tersebut terdiri dari 20 batang jenis rimba campuran dan 38 batang kayu jenis gelondongan. Dalam hal ini, pihaknya berharap peran serta masyarakat, jika mengetahui tentang illegal logging agar segera melaporkannya.

“Melindungi hutan adalah tanggung jawab kita bersama, untuk tetap terjaga kelestariannya hingga bisa dirasakan oleh anak cucu kita nanti,” jelasnya.

Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres Bireuen. Pelaku melanggar pasal 83 ayat (1) huruf b Undang­Undang RI Nomor 18 tahun 13 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kerusakan Hutan dengan ancaman hukuman 5 tahun, dengan denda paling rendah Rp 500 juta, paling banyak Rp 2,5 miliar.

Komentar

Loading...