Unduh Aplikasi

Polisi Musnahkan Satu Hektare Ladang Ganja dan Tangkap Empat Tersangka

Polisi Musnahkan Satu Hektare Ladang Ganja dan Tangkap Empat Tersangka
Pemusnahan ladang ganja di Gampong Lancok, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Kamis (13/9). Foto: Sarina

LHOKSEUMAWE – Satuan Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe melakukan pemusnahan terhadap lebih kurang satu hektare ladang ganja di Gampong Lancok, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara. Selain itu, pihaknya juga turut mengamankan empat tersangka, satu diantaranya pemilik kebun, Kamis (13/9).

Medan untuk menuju ke lokasi tersebut harus berjalan kaki lebih kurang membutuhkan waktu selama dua jam, sementara area untuk menuju ke lokasi tersebut terlihat bersih dan terlihat mudah untuk dilalui kendaraan roda dua.

Ribuan batang ganja tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dan sebagian lainnya batangnya ikut ditebang. Selain batang siap panen, pihak kepolisian juga turut memusnahkan bibit ganja yang baru ditanam, sementara gubuk pemilik ganja tersebut yang dipakai untuk beristirahat juga ikut dibakar petugas.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, melalui Kasat Narkoba Iptu Zeska Julian Taruna Wijaya mengatakan adanya ladang dan batang ganja tersebut diketahui ketika setelah dilakukan penangkapan tiga bandar beinisial A, D dan I. Setelah itu pihaknya melakukan pengembangan dan mendapatkan pemiliki kebun berinisial MY.

“Awalnya kami menerima informasi dari masyarakat kalau ada pengedar ganja di kawasan tersebut, lalu kami lakukan pengembangan dan mendapati tersangka pertama dengan barang bukti satu paket 10 ribu," ujarnya.

Pemusnahan ladang ganja di Gampong Lancok, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Kamis (13/9). Foto: Sarina

Selanjutnya, dari tersangka kedua polisi mendapatkan barang bukti sekilo ganja kering dan tersangka ketiga didapatkaan barang bukti dua kilo ganja kering sementara tersangka terakhir pemilik satu hektare ladang ganja.

Tanaman ganja tersebut ditanam di lahan seluas dua hektare, akan tetapi di lahan tersebut juga ditanam pinang, sementara disela-sela pinang itu ditanami ganja. Untuk usia batang ganja lebih kurang tiga bulan dan tumbuh subur dengan pohon rindang dan hijau.

“Usia batang ganja hari ini lebih kurang dua minggu lagi sudah bisa dipanenkan, karena sebelumnya tersangka sudah memanenkan sebanyak enam kilogram,” ungkap Kasat Narkoba.

Komentar

Loading...