Unduh Aplikasi

Plt Gubernur Sudah Teken SK PAW Anggota DPRK Aceh Tengah

Plt Gubernur Sudah Teken SK PAW Anggota DPRK Aceh Tengah
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sudah menindaklanjuti surat Mendagri terkait penjelasan atas pemberhentian anggota DPRK Aceh Tengah yang mencalonkan diri dari partai politik yang berbeda dengan partai yang diwakilinya pada Pemilu lalu.

Juru Bicara Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani, mengatakan Plt Gubernur telah menindak lanjuti perintah Kemendagri dalam surat Nomor 171.11/9354/OTDA tanggal 26 November 2018 lalu. Plt gubernur menyurati Bupati Aceh Tengah tanggal 12 Desember 2018 danBupati Aceh Tengah juga sudah menyampaikan surat tersebut kepada pimpinan DPRK Aceh Tengah.

Beberapa minggu kemudian Plt Gubernur Aceh menandatangani SK pegantian antar waktu anggota DPRK Aceh Tengah dari PKB Zulkarnain mengantikan Hamzah MR yang maju sebagai caleg dari partai yang berbeda.

Baca: DPRK Diminta Batalkan Hasil Seleksi Komisoner KIP Aceh Tengah

"SK sudah diteken Plt Gubernur Aceh tanggal 29 Januari 2019 dan sudah sampai ke DPRK Aceh Tengah. Saat ini kita masih menunggu laporan pelaksanaan dari DPRK Aceh Tengah untuk kemudian kita laporkan kepada Mendagri," kata Saifullah Abdulgani, Selasa (5/2).

Berdasarkan informasi yang diperoleh AJNN, proses pemberhentian Zulkarnain sebenarnya sudah diusul 23 September 2018 oleh PKB selaku pengusul, namun tidak diproses. PAW baru berproses setelah keluar surat Kemendagri.

Dalam surat itu Kemendagri menjelaskan tentang PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tatib DPRD provinsi sampai kabupaten/ kota yang menyebutkan bahwa anggota DPRD di PAW jika menjadi anggota partai politik lain.

Pada pasal 104 menegaskan, paling lama 7 hari terhitung sejak diusulkan untuk PAW, dalam pasal 100 huruf b disebutkan pimpinan dewan menyampaikan usulan PAW kepada gubernur, untuk peresmian pemberhentian.

Namun hingga kini paripurna pergantian antara waktu anggota DPR Aceh Tengah tersebut belum dalaksakan.

Komentar

Loading...