Unduh Aplikasi

Pidie Menjadi Lokasi Sosialisasi Qanun Aceh tentang Irigasi

Pidie Menjadi Lokasi Sosialisasi Qanun Aceh tentang Irigasi
Foto: Ist

PIDIE - Dinas Pengairan Aceh memilih Kabupaten Pidie sebagai tempat diadakannya sosialisasi qanun Aceh nomor 12 tahun 2017 tentang irigasi yang dilaksanakan di hotel Pidie, Rabu (12/6).

Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud dalam sambutan mengatakan, peran sektor pertanian sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian dan juga kegiatan pertanian tidak terlepas dari air.

“Sarana irigasi sebagai salah satu sektor pendukung keberhasilan pembangunan pertanian di Kabupaten Pidie yang maengandalkan sektor pertanian,” kata Fadhlullah.

Disamping itu, adanya pergeseran nilai air dari sumber milik bersama yang melimpah dan dapat dikonsumsi tanpa biaya menjadi sumber daya ekonomi, terjadinya kerawanan ketersediaan air, pemanfaatan air antara irigasi dengan penggunaan oleh sektor-sektor lain dan alih fungsi lahan beririgasi.

“Jadi persoalan-persoalan tersebut memerlukan adanya kebijakan pembangunan dan pengelolaan irigasi yang efektif,” ujarnya.

Dengan persoalan kerigasian, lanjut Fadhlullah, Pemerintah Aceh pada akhir tahun 2017 telah menerbitkan Qanun Aceh Nomor 12 tahun 2017 tentang irigasi yang mengatur mulai kelembagaan pengelolaan irigasi, tugas dan tanggung jawab pengembangan dan pengelolaan irigasi.

Selanjutnya tentang pengelolaan air irigasi, partisipasi masyarakat petani, pemberdayaan keujruen blang, pengelolaan asset irigasi, alih fungsi lahan beririgasi dan ketentuan pidana bagi yang melanggar larangan-larangan dalam pengelolaan irigasi.

“Melalui qanun ini diharapkan dapat memecahkan persoalan dalam mengelola irigasi, juga sangat diharapkan dalam melaksanakan kegiatan keirigasian yang lebih efektif dan efisien," harap Wabup.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin
HUT AJNN 6th - Inspektorat Aceh Jaya
HUT AJNN 6th - DPC Demokrat Aceh Jaya

Komentar

Loading...