Unduh Aplikasi

Peserta Seleksi Calon PPS di Pidie Membeludak

Peserta Seleksi Calon PPS di Pidie Membeludak
Sejumlah masyarakat saat mendaftar sebagai PPS

PIDIE - Angka pengangguran di Kabupaten Pidie masih tergolong tinggi, hal itu dibuktikan dengan membeludaknya masyarakat yang mendaftar sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Komisioner KIP Pidie Heri Saputra kepada AJNN, Senin (19/2) mengatakan, sejak dibuka pendaftaran pada 11 hingga 18 Februari, ribuan masyarakat melamar sebagai anggota PPS, sementara kuota penerimaan hanya 2,190 orang dengan rincian per-desa tiga orang berdasarkan jumlah 730 desa di Kabupaten Pidie.

“Berdasarkan data sementara yang kami imput sejak ditutup pendaftaran pada Minggu kemarin sekira pukul 17.00 Wib, tercatat 7.353 orang yang sudah melamar dan angka ini akan terus bertambah karena lamaran yang dititipkan melalui masing-masing kecamatan belum kita terima," ujarnya.

Menurut Heri, membeludaknya masyarakat yang mendaftar karena memang ada dibutuhkan tenaga kerja sebagai anggota PPS.

Selain itu, persyaratan juga sudah dipermudahkan, jadi tidak diperlukan lagi harus ada surat rekomendasi dari kepala desa setempat.

Kemudian batas usia setiap calon sebelumnya harus berumur minimal 25 tahun, sekarang sudah diperbolehkan umur minimal 17 tahun melamar angggota PPS

“Semua perubahan ini diatur dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017, tentunya hal ini sangat memudahkan bagi setiap calon yang mendaftar sebagai anggota PPS untuk Pemilu pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan Legeslatif (Pileg) 2019 mendatang,” jelasnya.

Untuk tahap selanjutnya, lanjut Heri, akan melakukan penelitian administrasi, kalau memang tidak memenuhi syarat maka secara otomatis akan gugur diseleksi administrasi. Jika memenuhi syarat sebagaimana yang telah ditentukan dalam aturan PKPU maka calon peserta berhak lulus sebagai anggota PPS.

Dia menegaskan, tidak berlaku titip menitip setiap calon PPS. Semuanya berjalan sesuai aturan, jika nantinya setiap memenuhi persyaratan administrasi dan lulus uji, maka calon berhak untuk menjadi anggota PPS.

“Asal seseorang peserta memenuhi syarat administrasi dan lulus uji, maka yang bersangkutan berhak untuk menjadi anggota PPS, tidak ada calo-caloan, semuanya berlangsung secara terbuka dan masyarakat langsung bisa memantau proses tersebut," tegas Heri.

Komentar

Loading...