Unduh Aplikasi

Peserta Pemilu Diminta Segera Turunkan APK Yang Melanggar

Peserta Pemilu Diminta Segera Turunkan APK Yang Melanggar
Foto: Ist

ACEH TAMIANG - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Tamiang meminta peserta pemilu untuk segera menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye yang dipasang ditempat yang terlarang.

“Kami sudah menyurati untuk peringatan ini, semoga peserta pemilu dan calegnya dapat menurunkan sendiri APK dan bahan kampanye yang telah dipasang ditempat melanggar,” kata Imran Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (20/2).

Imran menambahkan hasil pengawasan ditemukan sejumlah APK dan bahan kampanye dipasang ditempat yang melanggar ketentuan, untuk itu diharapkan untuk segera diturunkan.

“Bila belum diturunkan, maka kita bersama Satpol PP pada tanggal 26 Februari 2019 ini akan menurunkannya secara paksa,” kata Imran.

Penenertiban APK dan Bahan kampanye mengacu pada ketentuan Undang undang Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pemilu, Peraturan KPU Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu, Perbawaslu Nomor 28 tentang Pengawasan Kampanye Pemilu, ada beberapa ketentuan pemasangan APK dan Bahan Kampanye yang harus dipatuhi oleh peserta pemilu. Yakni, dilarang dipasang pada bangunan dan lingkungan kantor pemerintah, kantor TNI/Polri, termasuk kantor BUMN.

Di samping itu, APK juga dilarang dipasang pada bangunan dan lingkungan tempat ibadah, rumah sakit, dan tempat-tempat pelayanan kesehatan, di lembaga pendidikan termasuk gedung, sekolah, dan jalan protokol.

Pada pasal 34 angka 5 Peraturan KPU Nomor 23 tahun 2018, tentang Kampanye Pemilu, disebutkan pemasangan APK harus mempertimbangkan etika, estetika, kebersihan, dan keindahan kota atau kawasan setempat. Untuk itu Bawaslu Kabupaten Aceh Tamiang pun meminta peserta pemilu untuk tidak memasang APK ditaman, alat pengatur isyarat lalu lintas, di batang pohon serta trotoar.

Selanjutnya, APK dan bahan kampanye juga tidak boleh dipasang melintang pada jalan Negara, jalan Propinsi dan jalan Kabupaten, pohon-pohon, tiang listrik atau tiang telepon.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...