Unduh Aplikasi

Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat

Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Z Arifin Lubis mengungkapkan kondisi pertumbuhan ekonomi global mengalami pelambatan baik di negara maju maupun berkembang.

“Berdasarkan World Economic Outlook, angka proyeksi pertumbuhan ekonomi global terkoreksi menjadi 3,3 persen (yoy). Pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan melambat menjadi 2,3 persen (yoy), sementara pertumbuhan ekonomi Tiongkok diprediksi 6,3 persen (yoy),” kata Zainal Arifin Lubis, Senin (3/6).

Selain itu, ia juga menyampikan bahwa ketidakpastian pasar keuangan global kembali meningkat seiring dengan ketegangan perang dagang yang kembali tereskalasi. Fed Fund Rate diperkirakan tetap sepanjang 2019 dan 2020 seiring dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi dan tekanan inflasi AS yang rendah. Demikian pula kebijakan moneter Eropa yang diperkirakan tetap sepanjang 2019 untuk merespon perlambatan ekonomi dan penurunan tekanan inflasi.

"Aliran modal ke negara berkembang termasuk Indonesia masih meningkat, meski tidak setinggi aliran modal ke negara maju seiring dengan ketidakpastian pasar global yang meningkat," ujarnya.

Menurutnya pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat ini akan berpengaruh pada volume perdagangan dan harga komoditas global yang menurun, seperti kopi, alumunium, CPO, nikel dan tembaga, kecuali harga minyak yang naik dipengaruhi faktor geopolitik pungkasnya.

Eliminasi Malaria

Komentar

Loading...