Topik

Pertumbuhan Ekonomi Aceh 2016 Capai 3,4 Persen

·
Pertumbuhan Ekonomi Aceh 2016 Capai 3,4 Persen
wisatawan mancanegara di Sabang, Aceh. Foto: acehtour

BANDA ACEH - Bank Indonesia Perwakilan Aceh mérilis Pertumbuhan ekonomi Aceh selama 2016 diperkirakan mencapai sekitar 2,4 Persen sampai 3,4 Persen. Meskipun terjadi perlambatan ekonomi global, hal ini tidak terlalu mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi nasional, terutama Aceh.

“Perekonomian Aceh masih cukup baik dalam merespons dinamika ekonomi dunia. Bahkan pertumbuhan itu jauh lebih tinggi bila dibandingkan tingkat pertumbuhan ekonomi Aceh tahun sebelumnya," kata Ahmad Farid, Kepala Perwakilan BI Aceh, di Banda Aceh, kemarin malam.

Farid menambahkan inflasi Aceh berada pada level yang rendah. Yakni sekitar 2,39 persen sampai 3,39 persen. Atau berada sesuai dengan sasaran nasional sebesar 4 plus 1 persen.

Menurut Farid, perekonomian domestik yang tetap kondusif dan inflasi yang tetap rendah tidak terlepas konsistensi dan strategi kebijakan pemerintah dan BI dalam menjaga stabilitas ekonomi dan mendorong permintaan domestik. "Inflasi yang rendah juga dipengaruhi oleh dampak positif dari penurunan inflasi global," ujarnya

Bank Indonesia juga menyesuaikan kebijakan makroprudensial dengan menyelenggarakan kebijakan moneter. Hal ini menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi tetap kuat.

Ahmad menambahkan kepercayaan dan meyakinan yang tinggi dari pelaku ekonomi dan dan investor terhadap Pemerintah Aceh tercermin dari berbagai proyek investasi yang berjalan di Aceh. Kepercayaan dan keyakinan Ini akan bisa terbangun lebih kuat bila terus menjaga kedisiplinan dalam mengelola kebijakan fiskal dan moneter.

"Terus menjaga konsistensi kebijakan reformasi struktural, serta kepastian hukum dan penerapan yang konsisten, akan berpengaruh besar bagi pertumbuhan ekonomi Aceh," kata Ahmad. Potensi alam dan budaya Aceh; tradisi dan relegi yang melimpah, memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan sehingga dapat menjadi penompang perekonomian Aceh.

Hal ini berpengaruh pada angka kunjungan wisatawan di Aceh. Hingga Oktober 2016, wisatawan dari manca negara yang berkunjung melalui pintu kedatangan Aceh mencapai 34,869 orang. Meningkat 61,84 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya yang hanya 21,546 orang.

Komentar

Loading...