Unduh Aplikasi

Perolehan Kursi DPRA: Parnas Meningkat, Parlok Merosot

Perolehan Kursi DPRA: Parnas Meningkat, Parlok Merosot
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi dan penetapan perhitungan suara untuk calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, pada Minggu (12/5) kemarin, maka perolehan kursi masing-masing partai sudah dapat diprediksi.

Dari data pleno penetapan perhitungan suara partai politik pada Pemilu 2019, secara gamblang bisa dilihat pemilik 81  kursi di DPRA itu, baik yang diperoleh partai nasional maupun partai lokal.

Berdasarkan hitung-hitungan AJNN yang mengacu pada hasil pleno KIP Aceh, secara keseluruhan perolehan kursi DPRA untuk parnas dipastikan meningkat, sedangkan partai lokal merosot, khususnya Partai Aceh yang diprediksi kehilangan 11 kursi dari 29 kursi periode sebelumnya.

Meski secara karkulasi perolehan kursi tidak terlalu berubah signifikan, namun ini juga menjadi catatan penting untuk setiap partai politik baik nasional maupun lokal di Aceh.

Jika dihitung dari prediksi pasca pleno KIP Aceh, jumlah total anggota DPRA dari partai nasional pada Pemilu 2019 ini bertambah 5 kursi menjadi 53 dari Pemilu 2014 yang hanya memperoleh 48 kursi.

Sedangkan partai lokal malah sebaliknya, berkurang 5 wakil dari Pemilu sebelumnya sebanyak 33 kursi. Kini berkurang menjadi 28 kursi.

Berbeda dengan Pemilu 2014 lalu, jumlah kursi Partai Aceh saja mencapai 29, belum lagi ditambah dengan kursi parlok lainnya seperti wakil dari PNA 3 dan PDA 1 kursi. 

Disisi lain, dua parlok memang mendapatkan hasil yang cukup baik pada Pemilu tahun ini, seperti PNA yang meraih 6 kursi dan PDA 3 kursi, perolehan tersebut dua kali lipat dari raihan Pemilu sebelumnya. 

Kemudian partai SIRA, dari sebelumnya tidak mempunyai wakil, kini berhasil mengantarkan salah seorang kader terbaik nya ke gedung yang berada di jalan Tgk Daud Beureueh, Kuta Alam, Banda Aceh itu.

Tetapi, hasil Pemilu 2019 ini, angka 28 itu merupakan pencapaian keseluruhan kursi partai lokal untuk DPR Aceh. Karena itu, jika dibandingkan total dari seluruh perolehan kursi, maka prediksinya parnas meningkat dan parlok merosot.

Catatan AJNN, berikut perolehan 81 kursi DPRA hasil Pemilu 2014 lalu baik yang didapatkan parnas maupun parlok:

Partai nasional mendapatkan total 48 dari 81 kursi DPRA antara lain, Partai Golkar 9 kursi, Nasdem 8, Demokrat 8, PAN 7, PPP 6, PKS 4, Gerindra 3, PBB 1, PKB 1 dan PKPI juga 1 kursi.

Sedangkan perolehan untuk partai lokal sebanyak 33 kursi terbagi dari, Partai Aceh 29 kursi, PNA 3 dan PDA 1 kursi.

Kemudian, berikut prediksi perolehan 81 kursi DPRA hasil Pemilu 2019 lalu baik yang didapatkan parnas maupun parlok:

Partai nasional diprediksi memperoleh 53 dari total 81 kursi DPRA antara lain, Partai Demokrat 10 kursi, Golkar 9, Gerindra 8, PAN 6, PKS 6, PPP 6, PKB 3, Nasdem 2, Hanura 1, PDI Perjuangan 1 dan PKPI memperoleh 1 kursi.

Sedangkan prediksi perolehan untuk partai lokal sebanyak 28 kursi terbagi dari, Partai Aceh 18 kursi, PNA 6, PDA 3 dan Partai SIRA mendapatkan 1 kursi.

Komentar

Loading...