Unduh Aplikasi

Permintaan Meningkat, Harga Daging Sapi di Banda Aceh Bergerak Naik

Permintaan Meningkat, Harga Daging Sapi di Banda Aceh Bergerak Naik
Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Lambaro Aceh Besar. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Menjelang meugang menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1439 H, harga daging sapi di Banda Aceh mulai bergerak naik. Kenaikan ini berkisar Rp 10 ribu untuk perkilogramnya.

Harga jual daging sapi kualitas nomor satu pada hari ini di Pasar Peunayong Banda Aceh Rp 140 ribu per kilogram, jika dibandingkan dengan harga jual kemarin sebesar Rp 130 per kilogram.

Kemudian, untuk daging sapi kualitas nomor dua harga jualnya Rp 120 ribu per kilogram, juga mengalami kenaikan jika dibandingkan kemarin yang dijual dengan harga Rp 110 ribu per kilogram.

"Menjelang mak meugang permintaan masyarakat terhadap daging sapi naik. Meningkat sebesar 30 persen dari hari biasanya," ungkap Achmad Reza, salah seorang pedagang daging sapi kepada AJNN, Sabtu (12/5)

Salah seorang pembeli, Nadia (IRT) saat ditemui AJNN mengaku membeli tiga kilogram daging sapi, hal ini dilakukannya sebagai antisipasi melambungnya harga daging pada saat hari meugang tiba.

"Biasanya hari meugang kami antar rantang ke (rumah) mertua. Jadi ini saya stok untuk di rumah, biasanya hari meugang bisa naik drastis," kata Nadia.

Pantauan AJNN, harga daging ayam broiler juga masih sama dengan kemarin yakni Rp 25 ribu untuk per kilogramnya.

Ismail salah seorang pedagang daging ayam di pasar Peunayong mengatakan, daging ayam broiler tidak mengalami kenaikan harga setelah sempat naik sekitar sebulan yang lalu. Sebelumnya daging ayam broiler harganya berkisar Rp 17 ribu per kilogram, kemudian naik menjadi Rp 25 ribu per kilogramnya.

"Besok saya tidak tahu, tapi untuk hari ini harganya masih sama dengan kemarin, tidak naik," ujar Ismail.

Selain itu, sejumlah bahan kebutuhan pokok, seperti cabe merah juga mengalami kenaikan yakni Rp 36 ribu per kilogram, dari hari sebelumnya berkisar di harga Rp 31 ribu per kilogram. Demikian pula halnya dengan tomat, harganya naik dari Rp 5 ribu per kilogram menjadi Rp 8 ribu per kilogramnya.

Selain itu, harga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah, bawang putih, minyak curah, gula pasir dan sayur-sayuran harganya relatif stabil dan tidak mengalami kenaikan harga.

Radio Baiturrahman

Komentar

Loading...