Insentif PKB - BPKA 2019
Unduh Aplikasi

Peringati 14 Tsunami, Seniman Aceh Gelar Aksi di Surakarta

Peringati 14 Tsunami, Seniman Aceh Gelar Aksi di Surakarta
Komunitas seniman saat menggelar aksi di pintu masuk Pasar Gedhe, Surakarta, Kamis (27/12/2018). Photo:Ist

SURAKARTA - Sebuah aksi berupa cap tangan dan teatrikal digelar komunitas seniman Aceh di halaman depan pintu masuk Pasar Gedhe, Surakarta, Kamis (27/12/2018).

Aksi yang digagas berkat kerjasama antar Komunikotavisual, dan Mahasiswa Angkatan 2018 Program Doktoral ISI Surakarta ini diperankan Teuku Afifuddin, Rasyidin, Dedy Kalee, dan Din Perkusi, seniman Aceh serta mahasiswa program doktoral ISI Surakarta.

" Aksi ini kami gelar untuk mengiringi peringatan 14 tsunami Aceh dan sebagai bentuk kepedulian atas tsunami di Selat Sunda," kata Teuku Afifuddin salah seorang seniman Aceh yang turut dalam kegiatan tersebut.

Dalam aksinya para seniman Surakarta ini menyediakan media berukuran 60 x 90 cm sebagi media bagi pengunjung pasar Gede untuk membubuhkan cap tangan sebagai bentuk kepedulian atas nasib korban tsunami Selat Sunda. Para seniman turut menampilkan aksi teatrikal dan penggalangan daba bagi para korban.

Aksi teatrikal menampilkan tema yaitu Smong yang dari bahasa Aceh berarti tsunami itu dimainkan disertai iringan pembacaan puisi diiringi musik perkusi. Para seniman melumuri tubuh mereka dengan cat sembari menampilkan gerakan yang menggambarkan dahsyatnya tragedi tsunami.

" Kegiatan ini kita gelar di dua tempat yakni di Jogja pada 26 Desember dan Surakarta 27 Desember 2018. Ini bentuk dukungan kami sebagai seniman kepada nasib para korban tsunami," kata Teuku Afifuddin.

 

Khanduri Laot

Komentar

Loading...