Unduh Aplikasi

Perayaan Imlek Tahun Babi Tanah di Banda Aceh Berjalan Lancar

Perayaan Imlek Tahun Babi Tanah di Banda Aceh Berjalan Lancar
Warga Tionghoa sambut Imlek di Vihara Dharma Bhakti Peunayong Banda Aceh. Foto: AJNN.Net/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Perayaan hari raya Imlek bagi etnis Tionghoa di Vihara Dharma Bhakti Peunayong Banda Aceh berjalan aman dan lancar, Selasa (5/1) dini hari.

Ketua Yayasan Vihara Dharma Bhakti, Yuswar mengatakan perayaan imlek ditahun babi tanah ini dapat berlangsung baik tanpa ada hambatan apapun, sama seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga mereka dapat beribadah dengan tertib.

"Imlek tahun ini jatuh pada shio babi tanah, dan perayaannya juga berjalan lancar dan aman," kata Yuswar kepada wartawan saat dijumpai di Vihara Dharma Bhakti.

Yuswar mengharapkan, perayaan imlek yang jatuhnya pada tahun siwo babi ini dapat mewujudkan kemakmuran, apalagi masuk tahun politik seperti saat ini, mereka berdoa agar proses demokrasi kedepan juga berjalan lancar dan aman.

"Dan kebetulan dengan tahun politik, kami harapkan tahun ini aman dan kegiatan demokrasi berjalan lancar," harapnya.

Disisi lain, Yuswar menyampaikan bahwa di Aceh memang berlaku Qanun Syariat Islam, tetapi meskipun demikian, masyarakat Aceh dinilai memiliki tingkat toleransi yang sangat baik terhadap perbedaan ini.

"Contohnya, ketika kami ada acara, tidak pernah ada masalah, dari dulu sampai sekarang," ujarnya.

Tetapi, lanjut Yuswar, sebagai kaum minoritas mereka begitu mengharapkan dapat terus diayomi oleh yang mayoritas. Dan begitu juga sebaliknya, etnis tionghoa sangat menghormati apa yang diterapkan di Aceh.

"Syariat Islam kami sangat menghormati, seperti dari pakaian dan acara-acara lainnya. Karena memang karakter orang Aceh sangat menghormati tamu dan sebagainya," kata Yuswar.

Dalam kesempatan itu, Yuswar juga membantah terkait adanya survei yang menyatakan Banda Aceh merupakan intoleransi, karena menurutnya Banda Aceh atau Aceh secara umumnya cukup menghargai perbedaan agama.

"Faktanya di Aceh secara umumnya sangat toleransi terhadap kehidupan beragama. Aceh cukup toleransi," imbuhnya.

Untuk kemeriahan imlek, mulai besok juga akan ada pelaksanaan tradisi seperti pertunjukkan barongsai dan berbagai seni lainnya. Kegiatan itu kemungkinan dilaksanakan besok pagi atau pada saat perhelatan malam kegembiraan.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...