Unduh Aplikasi

Penyeludup 70 Kilo Sabu di Aceh Utara Terancam Hukuman Mati

Penyeludup 70 Kilo Sabu di Aceh Utara Terancam Hukuman Mati
Kapal KM Karibia yang digunakan untuk mengangkut Sabu ke perairan Aceh

ACEH UTARA - Penyeludup 70 kilogram sabu yang ditangkap tim BNN, Bea Cukai dan TNI AL di kawasan perairan Aceh Utara, Selasa (15/1), diancam hukuman maksimal pidana mati.

"Para tersangka penyelundupan sabu 70 kilogram dan 10 ribu ekstasi yang kita amankan di perairan Aceh Utara terancam dengan hukuman maksimal pidana mati," kata Deputi Pemberantasan BNN RI Pusat Irjen Pol. Arman Depari, saat digelar konfrensi pers di Dermaga Bea Cukai, Belawan, Sumatera Utara, Selasa (15/1).

Baca: BNN Tangkap Pengangkut 70 Kilo Sabu di Perairan Aceh Utara

Arman menyebutkan, dalam menggagalkan penyelundupan sabu pihaknya sudah melakukan pengintain jaringan sabu lintas negara tersebut di Aceh Utara selama sepekan. 

"Sabu dan ekstasi kita amankan dari sebuah kapal pengangkut dari Malaysia ke perairan Jambo Aye, Aceh Utara dengan melibatkan Bea Cukai dan TNI AL," jelasnya.

Baca: Penyelundupan 70 Kilo Sabu Dikendalikan dari Lapas Tanjung Kusta

Selanjutnya jenderal berbintang dua itu mengatakan, pihaknya juga berhasil mengamankan tiga tersangka dengan inisial MZ (28), SB (29) serta MZ (22), yang bertindak sebagai kurir. Sementara untuk pemilik kapal KM Karibia ZA masih diburu dan masuk daftar DPO.

Ia menambahkan dalam pengembangan tim gabungan akhirnya menangkap tersangka lainnya yakni M (30) yang merupakan istri tersangka MZ dan seorang laki-laki penghuni Lapas Tanjung Gusta, Medan dengan inisial R (55) yang bertindak sebagai pengendali dan pemesan barang dari negara Malaysia.

"Dari hasil pengembangan tim, berhasil menangkap tersangka lainnya. Salah satunya adalah pengendali dan pemesan sabu tersebut," terang Arman Depari.

Untuk para tersangka kata Arman, terancam Pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1, Pasal 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati.

"Semua tersangka akan kita bawa ke Jakarta," pungkasnya.

Pemerintah Aceh - Pelantikan Dewan Pengurus Kadin

Komentar

Loading...