Unduh Aplikasi

Penjelasan Fitur Canggih Buat Menguntit Mobil

Penjelasan Fitur Canggih Buat Menguntit Mobil
Ilustrasi mengemudi. Foto: Istockphoto

JAKARTA - Otomotif dunia bukan hanya menghadapi era listrik tetapi juga teknologi otonom. Salah satu fitur yang sedang dikembangkan buat otonom yaitu adaptive cruise control.

Adaptive cruise control merupakan fitur kelanjutan cruise control. Sesuai namanya, fitur ini memiliki kemampuan cruise control namun kelebihannya mampu beradaptasi dengan situasi di jalanan tanpa membutuhkan intervensi pengemudi.

Penjelasan mudah soal cruise control adalah fitur elektronik berupa pengontrol kecepatan konstan. Fitur ini membuat pengemudi bisa menentukan kecepatan konstan yang diinginkan menggunakan tombol-tombol di kemudi, efeknya kaki bisa istirahat karena tidak perlu menempel di pedal gas dan rem saat mobil sedang meluncur.

Pada seting umum yang diberikan produsen, fungsi cruise control bakal non-aktif atau kecepatan konstan bakal berhenti saat pedal gas atau rem diinjak. Selain itu fitur akan berhenti jika memang dimatikan pakai tombol on/off.

Umumnya, cruise control cocok digunakan di jalan tol karena perjalanan panjang dan minim hambatan.

Menurut penjelasan dalam Autoguide, berbeda dari cruise control yang memerlukan campur tangan pengemudi buat menyesuaikan kecepatan tergantung situasi jalan, adaptive cruise control dapat melakukannya otomatis.

Adaptive cruise control disokong lebih banyak teknologi seperti radar dan lidar atau kamera yang bertugas mendeteksi kondisi sekitar mobil. Sensor akan menerima input kemudian mengolah data lalu membuat keputusan soal kecepatan, apakah harus tetap konstan atau dikurangi.

Menggunakan adaptive cruise control berarti mobil yang dikendarai bisa menyesuaikan jarak dengan kendaraan lain di depan secara otomatis. Sederhananya, fitur ini digunakan untuk membuntuti kendaraan di depan dengan jarak aman.

Pengemudi yang menentukan jarak dengan kendaraan di depan menggunakan tombol. Umumnya opsi jarak yang ditawarkan sistem antara selebar panjang dua sampai empat mobil.

Cara menggunakan

Cara menggunakan adaptive cruise control biasanya berbeda-beda pada tiap mobil, namun secara garis besar fitur ini bekerja layaknya cruise control biasa.

Pertama, atur kecepatan melaju yang diinginkan. Setelah itu gunakan tombol pengaturan untuk menentukan jarak ketika sedang membuntuti kendaraan di depan.

Kebanyakan pabrikan menampilkan seting jarak di instrument cluster dengan opsi jarak satu hingga empat mobil di depan. Acuan itu bisa diasumsikan jarak satu sampai empat detik.

Seperti cruise control biasa, pengemudi dapat menginjak pedal rem untuk mematikan fitur, atau gunakan tombol on/off yang biasanya terdapat di setir.

Layaknya cruise control, pengemudi bisa menggunakan tombol '+' dan '-' untuk mengatur laju kecepatan kendaraan saat adaptive cruise control bekerja.

Pemilik kendaraan disarankan pula untuk membaca buku panduan sebelum menggunakan adaptive cruise control di jalan.

How Adaptive Cruise Control Works - Step One Fo

Komentar

Loading...